Bank Indonesia Provinsi Jambi Ajak Peserta Konreg PDRB-ISE Se-Sumatera 2024 Menikmati Candi Muarajambi

Bank Indonesia Provinsi Jambi Ajak Peserta Konreg PDRB-ISE Se-Sumatera 2024 Menikmati Candi Muarajambi

Peserta Konreg PDRB ISE 2024 saat menyantap makanan tradisional di Candi Muarojambi-Foto : Bank Indonesia Provinsi Jambi-Jambi-independent.co.id

JAMBI,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi memperkenalkan Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Candi Muarajambi kepada peserta Konsultasi Regional (Konreg) Produk Domestik Regional Bruto dan Indikator Sosial Ekonomi (PDRB-ISE) Se-Sumatera pada Selasa, 27 Agustus 2024.

Konreg PDRB-ISE Se-Sumatera merupakan forum koordinasi tahunan beranggotakan 5 (lima) lembaga/instansi yaitu Kantor Perwakilan Bank Indonesia (Bl), Badan Pusat Statistik (BPS), Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPb), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), serta Dinas Komunikasi dan Informartika (Diskominfo) lingkup provinsi se-Sumatera. 

Pelaksanaan Konreg PDRB-ISE bertujuan untuk membahas perkembangan dan dinamika perekonomian di Sumatera dengan harapan terciptanya sinergi antar instansi yang akan mengoptimalkan potensi pada setiap daerah di regional Sumatera.

Provinsi Jambi menjadi tuan rumah Konreg PDRB-ISE Se-Sumatera yang berlangsung pada 26-27 Agustus 2024 dan dihadiri oleh lebih dari 500 peserta dari 10 provinsi di Sumatera. 

BACA JUGA:Pilwako Semarang 2024, PDIP Resmi Usung Agustina Wilujeng dan Iswar

BACA JUGA:Turun ke Tanjab Barat, Ditreskrimsus Polda Jambi Cek Lokasi Karhutla yang Diduga Masuk Lahan Konsesi PT AMM

Acara tersebut juga sekaligus menjadi kesempatan untuk mempromosikan aktivitas pariwisata dan budaya unggulan Provinsi Jambi. Untuk itu, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi mengajak peserta untuk mengunjungi situs Candi Kedaton di KCBN Muarajambi sekaligus menikmati kuliner tradisional khas Muaro Jambi melalui sajian gastronomi yang dipresentasikan dengan apik oleh kelompok UMKM Pasar Dusun Karet (PADUKA).

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Warsono, menyampaikan bahwa BI mendorong UMKM untuk berkelompok atau dikenal dengan “Korporatisasi” agar dapat meningkatkan kapasitas produksi, kapabilitas usaha, akses pasar, dan pemanfaatan teknologi, serta mendukung akses pembiayaan.

PADUKA yang dibentuk pada 2023 merupakan keolompok UMKM dengan 30 anggota binaan Bank Indonesia berkolaborasi dengan Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah V sebagai UMKM pendukung pariwisata yang sejalan dengan Gerakan Bangga Wisata di Indonesia aja (GBWI) sekaligus pengembangan ekonomi masyarakat berbasis sektor unggulan dan pelestarian budaya serta tradisi.

"Melalui program tersebut, Bank Indonesia mengidentifikasi UMKM dan produk unggulan nya, untuk selanjutnya dilakukan pemetaan serta diikutsertakan dalam berbagai kegiatan pendampingan dan pengembangan untuk meningkatkan nilai tambah dan kemandirian UMKM.", ujarnya.

BACA JUGA:Izin Pamit dari Wakil Rakyat, Jumiwan Aguza Minta Restu Maju di Pilkada Bungo

BACA JUGA:Tokoh 4 Kecamatan di Kerinci Berkumpul, Bahas Pemenangan Deri Mulyadi-Aswanto di Pilkada Kerinci 2024

UMKM PADUKA diharapkan mampu berperan aktif tidak hanya dalam melestarikan dan mempromosikan kuliner khas lokal dengan inovasi penyajian gastronomi kepada wisatawan, namun juga dalam melestarikan budaya atau tradisi lokal, mengedukasi masyarakat tentang penerapan pembayaran digital/cashless society, dan membentuk ekosistem UMKM yang mendukung KCBN Muarajambi sehingga dapat menjadi bagian dari Attraction dan meningkatkan kunjungan masyarakat ke KCBN Muarajambi.

"Hubungan koordinasi dengan Pemerintah Daerah serta BPK Wilayah V yang telah terjalin baik dalam memaksimalkan potensi KCBN Muarajambi sebagai sentra untuk mendorong berbagai aktivitas wisata, akan terus kami perkuat dan lanjutkan tidak hanya kepada UMKM PADUKA, namun juga UMKM unggulan lainnya yang menjadi penyangga KCBN Muarajambi. Hal ini penting untuk dapat mendukung KCBN Muarajambi yang dapat berkontribusi optimal sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi Jambi,"ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: