Konsisten Sebagai Kota Berkelanjutan, Kota Jambi Kembali Raih UI GreenCityMetric dari Universitas Indonesia

Konsisten Sebagai Kota Berkelanjutan, Kota Jambi Kembali Raih UI GreenCityMetric dari Universitas Indonesia

Kota Jambi Kembali Raih UI GreenCityMetric dari Universitas Indonesia-Ist/jambi-independent.co.id-

DEPOK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kota Jambi kembali konsisten meraih penghargaan bergengsi dibidang pembangunan lingkungan hidup.

Kali ini Universitas Indonesia kembali menganugerahkan UI GreenCityMetric 2024 untuk Kota Jambi.

Kampus terbaik di Indonesia itu memberikan penghargaan kepada Kota Jambi karena layak diapresiasi sebagai kota dengan kategori peningkatan kinerja berkelanjutan terbaik bidang lingkungan hidup di Indonesia.

Penghargaan ini adalah yang kedua kalinya diterima Kota Jambi setelah sebelumnya meraih anugerah yang sama pada tahun 2023 lalu.

BACA JUGA:Raih UHC Award Kategori Madya, Ini Kata Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih

BACA JUGA:Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Bangun Poskamling di Desa Suka Maju

Penghargaan ini pun sekaligus mencatat Kota Jambi sebagai satu-satunya pemerintah daerah dari Provinsi Jambi yang meraih anugerah bergengsi tersebut. 

Penghargaan UI GreenCityMetric 2024 diserahkan oleh Ketua UI GreenMetric, Prof Riri Fitri Sari kepada Pj Wali Kota Jambi yang diwakili Sekda Kota Jambi A Ridwan dalam sebuah acara yang berlangsung di Balai Sidang Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Jawa Barat, Kamis 8 Agustus 2024.

Selain Kota Jambi, 13 daerah lainnya yang menerima anugerah itu adalah Kota Medan, Kota Semarang, Kota Magelang, Kota Madiun, Kota Blitar, Kota Banjarbaru, Kota Kediri, Kota Parepare, Kota Pariaman, Kota Salatiga, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Wonogiri.

UI GreenCityMetric merupakan pemeringkatan bagi Kabupaten/Kota di Indonesia di bidang keberlanjutan dan pertama kali diluncurkan pada tahun 2022. Pemeringkatan UI GreenCityMetric terdiri atas 6 kategori penilaian, antara lain Penataan Ruang dan Infrastruktur (SI), Energi dan Perubahban Iklim (EC), Tata Kelola Sampah dan Limbah (WS), Tata Kelola Air (WR), Akses dan Mobilitas (TR) serta Tata pamong/Governance (GV).

BACA JUGA:Progres Pembukaan Jalan pada Program TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Capai 80 Persen

BACA JUGA:Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Bersama Pemdes Suka Maju Gotong Royong Bersihkan Kantor

Selanjutnya, dari 6 Kategori tersebut memiliki 71 indikator evaluasi kinerja yang dinilai dari setiap tiap kota atau kabupaten sesuai yang ditetapkan oleh tim UI Green City Metric 2023. Sebelumnya, selama 12 tahun Universitas Indonesia telah melaksanakan UI GreenMetric World University Rangkings.

Ketua UI GreenCityMetric, Prof Riri Fitri Sari mengatakan bahwa tahun ini, UI GreenCityMetric menambahkan indikator baru terkait penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di setiap kategori UI GreenCityMetric.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: