Konsisten Sebagai Kota Berkelanjutan, Kota Jambi Kembali Raih UI GreenCityMetric dari Universitas Indonesia

Konsisten Sebagai Kota Berkelanjutan, Kota Jambi Kembali Raih UI GreenCityMetric dari Universitas Indonesia

Kota Jambi Kembali Raih UI GreenCityMetric dari Universitas Indonesia-Ist/jambi-independent.co.id-

"Tujuannya adalah untuk mendorong penggunaan teknologi dalam mendukung program keberlanjutan di masing-masing daerah," katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UI, drg. Nurtami, Ph.D, Sp.OF(K), menyebut bahwa pemeringkatan ini bertujuan untuk melihat transformasi kota/kabupaten di Indonesia dalam hal keberlanjutan.

BACA JUGA:Satgas TMMD ke 121 Kodim 0415/Jambi Bantu Orang Tua Asuk Memasak

BACA JUGA:Sinsen Dorong Kualitas Pendidikan SMK Binaan di Jambi Melalui Kurikulum Merdeka

Ia menjelaskan, pesatnya modernisasi di kota dan kabupaten membawa efisiensi banyak sektor, namun juga mengancam kelangsungan hidup.

Pembangunan dan gaya hidup yang tidak mengindahkan keberlanjutan akan berdampak pada pemanasan global, pencemaran lingkungan, polusi, dan kerusakan ekosistem.

“Untuk itu, sangat perlu bagi kita untuk peduli dan menjadikan keberlanjutan sebagai tolak ukur utama dalam perencanaan, pengambilan keputusan dan pelaksanaan pemerintahan," katanya. 

Senada, Dirjen Diktiristek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Prof. Dr. rer.nat. Abdul Haris, M.Sc. mengatakan, studi menunjukkan bahwa kota-kota yang berkolaborasi dengan institusi akademik mengalami peningkatan efisiensi dalam penerapan kebijakan keberlanjutan hingga 25 persen.

BACA JUGA:Raih Banyak Prestasi, InewsTV Beri Apresiasi kepada Bupati Batanghari Fadhil

BACA JUGA:Bagaimana Kesiapan Calon Paskibraka Jelang ke IKN? Ini Penjelasan BPIP

Data dari Global Green Economy Index tahun 2023 juga menunjukkan bahwa kota-kota yang berkomitmen pada keberlanjutan memiliki kualitas hidup yang lebih tinggi dan juga daya tarik investasi yang lebih besar.

"Banyak hal-hal yang mungkin menjadi benefit bagi kota-kota yang telah mengimplementasikan Sustainable Development Goals (SDGs) ini dan turut berpartisipasi dalam pemeringkatan UI GreenMetric,” ujar Haris.

Sementara itu, Sekda Kota Jambi A Ridwan, usai menerima anugerah itu,  menyampaikan apresiasinya karena Kota Jambi masuk dalam penilaian UI GreenCityMetric itu.

"Saya mewakili Ibu Pj Wali Kota Jambi menerima penghargaan ini, mengucapkan terimakasih atas masuknya kembali Kota Jambi dalam ajang UI GreenCityMateric ini, dan kami sangat bangga atas peringkat yang dilakukan UI ini, karena UI perguruan tinggi ternama yang sangat konsen mempelopori GreenCityMetric ini," ujar Sekda A Ridwan.

BACA JUGA:Semangat Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Cat Dinding Rumah Nenek Waini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: