Buka Festival Keris Siginjai, Pj Wali Kota Jambi Apresiasi Kolaborasi Bersama Seniman dan Budayawan

Buka Festival Keris Siginjai, Pj Wali Kota Jambi Apresiasi Kolaborasi Bersama Seniman dan Budayawan

Pj Wali Kota Jambi Apresiasi Kolaborasi Bersama Seniman dan Budayawan-Ist/jambi-independent.co.id-

KOTA JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih membuka secara resmi Festival Keris Siginjai Tahun 2024, bertempat di Lapangan Utama Graha Siginjai Kantor Wali Kota Jambi, Jumat 2 Agustus 2024 malam.

Dilaksanakan 1 hingga 3 Agustus 2024, Festival Keris Siginjai yang merupakan rangkaian Kenduri Swarnabhumi itu menghadirkan berbagai tampilan, diantaranya Kolosal Telusur Jejak Leluhur, Fashion Show Batik Rancangan Desainer Muda Jambi, Lomba Desain Motif Batik Solok Sipin, Pameran karya Batik dan Bazaar UMKM serta beragam kegiatan seni budaya lainnya.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Sri Purwaningsih mengatakan, sebagai Ibu Kota Provinsi, Kota Jambi mempunyai jumlah penduduk yang tinggi namun sedikit destinasi wisata, oleh karenanya pemerintah harus memanfaatkan dengan maksimal semua potensi yang ada, salah satunya keberagaman seni dan sejarah yang dapat dijadikan sebagai potensi wisata. 

"Oleh karena itu saya sangat mendukung terselenggaranya kegiatan festival dan event-event budaya dan kesenian yang diselenggarakan oleh masyarakat yang berkolaborasi bersama pemerintah Kota Jambi," kata Sri. 

BACA JUGA:Harga iPhone 15, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max Bulan Juli 2024 di iBox

BACA JUGA:Pj Bupati Raden Najmi Resmi Buka Turnamen Badminton Kejuaraan Disdikbud 2024

Lanjutnya, penyelenggaraan Festival Keris Siginjai ini adalah wujud kongkret dari kolaborasi itu.

“Festival ini adalah salah satu wujud kongkret itu, kolaborasi yang apik antara pemerintah dengan komunitas seni dan komunitas ekonomi kreatif lainnya yang ada di Kota Jambi," lanjutnya. 

Oleh karenanya, Ia menekankan, agar setiap penyelenggaraan event-event seni harus menunjukkan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan pelaku seni, agar pelaksanaannya dapat berkesinambungan.

"Sesuai dengan fungsinya pemerintah sebagai fasilitator, maka festival Keris Siginjai ini merupakan salah satu bentuk fasilitasi Pemerintah Daerah atas pelestarian seni budaya yang ada di kota Jambi. Dan  juga merupakan wahana bagi komunitas seni untuk menampilkan karya dan kebolehannya," tambah Sri. 

BACA JUGA:Gen Z Lebih Suka Hybrid, Anggap Budaya Kerja Wajib Absen dan WFH Terlalu Kaku

BACA JUGA:Polres Batanghari Amankan Satu Pelaku Karhutla

Tidak hanya sebatas gelaran event semata, Sri mengungkapkan, Festival Keris Siginjai dalam rangkaian Kenduri Swarnabhumi ini juga menimbulkan multiplier effect, yang menggerakan para pelaku ekonomi kreatif di kota Jambi, dengan partisipasinya dalam bazaar dan pameran yang menampilkan berbagai produk.

Lebih lanjut, Sri juga mengajak untuk bersama mensukseskan festival ini sehingga budaya dan seni yang ada di kota Jambi tetap lestari dan dapat dinikmati hingga generasi kedepan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: