Waspada, Ini Ciri Ciri HP Kena Retas, Ini Cara Mengatasinya

Waspada, Ini Ciri Ciri HP Kena Retas, Ini Cara Mengatasinya

Ciri ciri HP kena hack atau kena retas-Foto : ilustrasi-Net

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Saat ini ada saja cara orang untuk melakukan penipuan bahkan meretas handphone seseorang. Hal ini bisa saja dilakukan seiring semakin canggihnya teknologi.

Pretasan (hacking) pada perangkat digital, seperti ponsel atau handphone (HP), komputer, dan laptop menjadi salah satu jenis kejahatan siber (cyber crime) yang semakin merajalela di seluruh dunia. 

Untuk itu, Anda harus berhati hati. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (DJPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membagikan informasi terkait tanda-tanda ponsel yang disadap atau diretas melalui laman resminya. Berikut ciri cirinya :

1. Riwayat panggilan atau pesan yang tidak pernah dilakukan

BACA JUGA:Mobile Legends: Build Esmeralda Tersakit 2024, Cocok Solo Rank

BACA JUGA:Ini Harapan Gubernur Jambi Al Haris Setelah Danau Sipin Dilirik nvestor dari Korea Selatan

Riwayat panggilan atau pesan yang tidak pernah dilakukan menjadi salah satu ciri-ciri HP diretas. Semua panggilan atau pesan itu bisa dilakukan oleh orang-orang yang ingin mencari keuntungan dengan cara menipu. 

2. Aktivitas tidak wajar di akun media sosial.

Apabila pengguna menemukan aktivitas mencurigakan di akun media sosial, seperti mengunggah atau mengirim pesan yang tidak pernah dibuat sebelumnya, maka hal itu perlu dicurigai. 

Selain itu, biasanya pihak pengembang media sosial akan memberikan notifikasi bahwa akun telah dibobol yang harus diperhatikan. 

3. Muncul iklan tidak pantas

Pengguna patut was-was ketika mulai melihat iklan pop-up yang tidak pantas atau tidak relevan di ponsel. Hal itu dapat terjadi karena adanya perangkat lunak atau aplikasi tersembunyi yang mulai menyusupi ponsel. 

BACA JUGA:Kabar Duka, Mantan Menteri BUMN Tanri Abeng Meninggal Dunia

BACA JUGA:Menkominfo Budi Arie Perintahkan Pemutusan Akses Internet Judi Online ke Kamboja dan Filipina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: