Polisi dalam Negara yang Demokratis: Penjaga Kehidupan Pembangun Peradaban dan Pejuang Kemanusiaan

Polisi dalam Negara yang Demokratis: Penjaga Kehidupan Pembangun Peradaban dan Pejuang Kemanusiaan

Chrisnanda-Ist/jambi-independent.co.id-

Kebanggaan dan keunggulan dari suatu bangsa yang merdeka adalah kecerdasan sumber daya manusianya yang memiliki berbagai kompetensi, komitmen, integritas dan kesadaran cinta akan bangsa dan negara.

Hal itu bisa  ditunjukkan dalam nyalinya dalam mengisi kemerdekaan untuk :

1.Memberdayakan kekayaan dan sumber daya negara dan tidak ngemplang kekayaan Negara (tidak mengambil keuntungan entah dari mark up, menipu, menggelapkan, menyalahgunakan, mencuri uang negara).

2.Memberikan pelayanan prima, yang dengan tidak memalaki rakyat yang semestinya dilindungi atau dilayani dan dimanusiakan.

3.Mendukung produktifitas masyarakat, yaitu memberikan. Jaminan keamanan, rasa aman dengan tidak melakukan tindakan-tindakan yang kontra produktif : 

a. Memeras, 

b. Menerima suap, 

c. Menjadi backing hal-hal yang ilegal.

4.Mencerdaskan kehidupan sosial kemasyarakatan yang tidak membodoh-bodohi atau  memprovokasi dengan hembusan kebencian untuk saling menyerang atau saling merusak. Dan tidak menggunakan hal-hal primordial untuk melakukan tindakan-tindakan diskriminasi.

5.Menumbuhkembangkan dan memelihara rasa kecintaan, kabanggaan ,kesatuan serta persatuan bangsa dengan tidak merusak bangsanya dengan tindakan-tindakan Korupsi, kolusi,nepotisme, gratifikasi.

6.Mampu menjadi tuan dirumahnya sendiri yang berarti cerdas, penuh kesadaran, disiplin sebagai anak bangsa. Yang tidak menggadaikan kekayaan bangsanya kepda pihak-pihak asing. Tidak menjadi kacung kepentingan asing.

7.Mampu menjadi bangsa yang disegani dan dihormati di dunia insternasional, karena anak-anak bangsanya mampu menjadi pelopor, ikon, dan orang-orang yang menginspirasi, memberikan sumbangan pada kehidupan dunia.

Bangsa yang merdeka merupakan refleksi jiwa-jiwa orang yang bernyali untuk selalu menjadi dan memberikan yang terbaik bagi bangsanya dan  dunia.

Makna Merdeka Pasca Kemerdekaan 

Merdeka bagi suatu bangsa merupakan suatu kebebasan, bebas berdaulat, terlepas dari penjajahan dan bebas menentukan nasib bangsa itu sendiri. Tatkala bebas dari penjajahan, bebas berdaulat menjadi suatu negara tentu tidak saja bisa bebas begitu saja, karena akan banyak tantangan yang dihadapi terutama menghadapi permasalahan- permasalahan bangsa sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: