Wah Hebat! Ini Dia 5 Ciri-ciri Anak Bisa Berpikir Kritis

Wah Hebat! Ini Dia 5 Ciri-ciri Anak Bisa Berpikir Kritis

Anak yang berani melakukan hal baru dan berfikir secara logis merupakan salah satu ciri-ciri anak yang mampu berpikir kritis -ist/jambi-independent.co.id-freepik.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID- Taukah kamu bahwa kemampuan berpikir kritis itu merupakan salah satu keterampilan penting yang perlu sekali dimiliki oleh setiap anak, karena ketrampilan berpikir kritis tidak hanya bermanfaat di lingkungan sekolah, tetapi juga di kehidupan sehari-hari.

Memiliki anak yang mampu berpikir kritis adalah aset yang sangat berharga, dengan kemampuan berpikir kritis anak akan lebih siap menghadapi tantangan di masa depan, baik di dunia pendidikan maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi sangat penting bagi orang tua dan pendidik untuk mendukung dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada anak sejak dini.

Nah orang tua bisa loh mengetahui anaknya bisa berpikir kritis dengan melihat beberapa ciri-cirinya, berikut ini dia 5 ciri-ciri anak yang mampu berpikir kritis:

BACA JUGA:Tidak Sadar Sering Dilakukan! 5 Hal yang Bukan Tugas Untuk Anak

BACA JUGA:Telkomsel Resmi Jadi yang Pertama Siap Adopsi Teknologi Wi-Fi 7 di Indonesia

1. Mampu berpikir secara logis (masuk akal)

Ciri-ciri anak bisa berpikir kritis yang pertama adalah mampu berpikir secara logis atau masuk akal.

Taukah ayah dan ibu bahwa jika anak yang mampu berpikir secara logis, bisa menghubungkan berbagai informasi dan menyusunnya menjadi argumen yang masuk akal, artinya mereka bisa berfikir kritis.

Anak yang bisa membedakan antara fakta dan opini serta mengidentifikasi kesalahan logika dalam argumen, dengan begitu kemampuan ini membuat mereka mampu menyelesaikan masalah dengan lebih efektif dan rasional.

2. Berani mempelajari hal-hal baru

Ciri-ciri anak bisa berpikir kritis yang kedua adalah berani mempelajari hal-hal baru.

BACA JUGA:Yang Beragama Islam Wajib Tahu! 5 Tips Anak Cerdas dengan Islamic Parenting

BACA JUGA:Yuk Terapkan! 7 Tips Mendidik Anak Supaya Cerdas Sejak Bayi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: