Yuk Kenali! 7 Alasan Umum Penyebab Anak Tantrum

Yuk Kenali! 7 Alasan Umum Penyebab Anak Tantrum

Anak berteriak, menangis, maupun hilang kendali artinya sedang tantrum yang mana dapat disebabkan oleh banyak hal -ist/jambi-independent.co.id-freepik.com

5. Taktik sebagai tes kesabaran orang tua atau manipulasi supaya keinginannya terpenuhi

Alasan umum penyebab anak tantrum yang kelima adalah, diama sebagaian anak menggunakan cara tantrum sebagai cara menguji kesabaran orang tua atau untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Karena sebelumnya anak telah belajar bahwa tantrum bisa menjadi alat yang efektif untuk mencapai tujuannya, jadi penting bagi orang tua untuk tetap konsisten dengan batasan yang telah ditetapkan dan tidak menyerah pada tantrum anaknya.

BACA JUGA:Jaga Emosi, Ini 5 Tips Atasi Anak Rewel dan Cengeng, Bawa Tenang Ya Bun..

BACA JUGA:Timnas Day! Timnas Indonesia Harus Menang Lawan Irak Agar Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

6. Menginginkan perhatian lebih dari orang tuanya

Alasan umum penyebab anak tantrum yang keenam adalah anak menginginkan perhatian lebih dari orang tuanya, karena tantrum bisa menjadi cara anak untuk menarik perhatian orang tuanya.

Ketika anak merasa diabaikan atau kurang mendapat perhatian, mereka mungkin menggunakan tantrum untuk mendapatkan reaksi dari orang tua.

Memberikan perhatian yang cukup dan waktu berkualitas bersama anak dapat mengurangi kebutuhan mereka untuk menarik perhatian melalui tantrum.

7. Perubahan dalam hidupnya

Alasan umum penyebab anak tantrum yang ketujuh adalah terjadi perubahan dalam hidup anak seperti pindah rumah, kedatangan adik baru, atau perubahan rutinitas.

BACA JUGA:Isu Miring Soal RSUD Raden Mattaher, Ini Penjelasan Herlambang

BACA JUGA:Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN IP UBP Jambi laksanakan Aksi Bersih Sungai

Perubahan ini bisa membuat anak merasa tidak aman dan cemas, yang kemudian diungkapkan melalui tantrum.

Orang tua bisa membantu anak beradaptasi dengan perubahan dan memberikan rasa aman sehingga mengurangi kecenderungan mereka untuk tantrum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: