Mendidik Anak! 3 Skill Ibu yang Saat Ini Langka

Mendidik Anak! 3 Skill Ibu yang Saat Ini Langka

Membela anaknya padahal salah dan tidak mengajarkan cara bertanggung jawab atas kesalahannya merupakan salah satu skill ibu yang saat ini mulai langka-ist/jambi-independent.co.id-freepik.com

3. Mengajarkan anak bertanggung jawab menyelesaikan masalah yang dibuatnya

Skill ibu yang saat ini langka dalam mendidik anak yang ketiga adalah mengajarkan anak bertanggung jawab menyelesaikan masalah yang dibuatnya.

BACA JUGA:PKB Matangkan Penjaringan Cakada, Elpisina : Siapa yang Diusung, Kewenangan DPP

BACA JUGA:Satu Hari Ada 10 Pelanggaran, Dari Patroli Hunting dan Penindakan Pelanggar Lalu Lintas Polres Batanghari

Sebenarnya ini merupakan ketrampilan yang penting, yang dapat membantu anak tumbuh menjadi individu dewasa yang mandiri dan bertanggung.

Tapi nyatanya skill ini mulai jarang dimiliki oleh ibu ya tidak lain karena ibu yang kurang perhatian keanaknya, coba deh untuk menerapkan skill ini. Ibu bisa kok dengan mudah mengajarkan anak bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah yang dibuatnya dengan langkah-langkah berikut: 

● Ibu harus membimbing proses anak dalam memecahkan masalah, bantu anak menemukan solusi atas masalah yang anak hadapi, dab hindari memberi solusi instan.

● Ibu harus mendorong pengambilan keputusan anak, ajqrkan anak untuk mengambil keputusan untuk memperbaiki kesalahn yang telah diperbuat. Ajarkan anak juga untuk menerima konfirmasi baik positif maupun negatif yang akan anak terima.

BACA JUGA:Ditintelkam Polda Jambi Ajak SMSI Muaro Jambi Tangkal Berita Hoaks

BACA JUGA:Tingkatkan Sinergitas TNI-Polri, Bidpropam Polda Jambi dan Denpom II/2 Jambi Gelar Coffee Morning

● Ibu harus memberikan kesempatan untuk belajar dari kesalahan. Usahakan untuk menghindari memberikan hukuman secara berlebihan keanak karena dapat merusak mental anak, sebaiknya ganti dengan berikan kesempatan pada anak untuk memperbaiki kesalahan dan belajar dari pengalaman tersebut.

Membesarkan anak dengan ketiga skill ini bukanlah tugas yang mudah, tetapi sangat penting untuk perkembangan anak yang sehat dan bertanggung jawab loh bu.

Mengakui kesalahan anak, tidak playing victim, dan mengajarkan tanggung jawab dalam menyelesaikan masalah adalah keterampilan langka yang dapat memberikan dampak besar pada masa depan anak ibu.

Dengan ibu mengembangkan keterampilan ini, ibu tidak hanya membantu anak mereka tumbuh menjadi individu yang lebih baik, tetapi juga berkontribusi pada masyarakat yang lebih baik di masa depan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: