7 Manfaat Lobak yang Jarang Diketahu, Ternyata Sebagai Pengontrol Gula Darah!

7 Manfaat Lobak yang Jarang Diketahu, Ternyata Sebagai Pengontrol Gula Darah!

Manfaat Lobak yang Jarang Diketahui-ist/jambi-independent.co.id-freepik.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Lobak putih yang juga dikenal sebagai daikon atau Lobak Jepang, adalah sayuran yang berasal dari Jepang dan China. Sekarang, Lobak putih telah menjadi populer sebagai tanaman budidaya di Indonesia, terutama di daerah pegunungan.

Lobak bisa dinikmati dalam keadaan matang atau mentah, sehingga sering ditemukan dalam salad atau hidangan berkuah.

Sayuran ini telah sejak lama dipercaya dalam pengobatan tradisional di Asia, termasuk di Cina, Jepang, dan Korea, untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Lobak kaya akan nutrisi seperti serat, vitamin C, kalsium, kalium, fosfor, folat, dan antioksidan yang berperan dalam melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

BACA JUGA:Ternyata, Cowok Juga Butuh Perawatan Wajah!

BACA JUGA:Menikah itu Harus Siap Apasih? Ini Dia 7 Kesiapan yang Harus Dimiliki

Dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya, manfaat lobak bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi lobak:

1. Mengurangi kolesterol 

Mengonsumsi makanan kaya serat, antioksidan, vitamin, dan mineral dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam tubuh.

Berbagai jenis nutrisi ini bisa didapatkan dari beragam makanan, seperti buah-buahan, sereal, kacang-kacangan, serta sayuran, termasuk lobak.

2. Mengontrol gula darah 

Lobak mengandung senyawa kimia glukosinolat dan isothiosianat, yang mampu mengendalikan kadar gula dalam darah dalam tubuh.

BACA JUGA:Mengintip Rusun IKN Nusantara bagi ASN dan Pegawai Hankam, Ada Tempat Fitness

BACA JUGA:But Sendiri, Jadi Puas Makannya! Ini Dia Resep Otak-otak Ayam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: