Zikir Para Penyair Tahun 2024 di TBJ 'Teater Tonggak Menuju Ulang Tahun Perak'

Zikir Para Penyair Tahun 2024 di TBJ 'Teater Tonggak Menuju Ulang Tahun Perak'

Zikir Para Penyair Tahun 2024 di TBJ 'Teater Tonggak Menuju Ulang Tahun Perak'-Ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Teater Tonggak Jambi kembali menyajikan agenda rutin di bulan Ramadhan yaitu Zikir Para Penyair dengan tema "Teater Tonggak Menuju Ulang Tahun Perak" di gedung Teater Arena, Taman Budaya Jambi (TBJ), Jumat 29 Maret 2024.

Agenda yang pertama kali digelar pada Ramadhan tahun 2003 silam tersebut, merupakan uapaya Teater Tonggak untuk ruang khusus sastra dengan hadirkan penyair-penyair Jambi dari generasi ke generasi dengan cara membaca puisi, deklamator puisi hingga musikalisai puisi. 

"Zikir para penyair tidak hanya panggung yang terbatas pada seniman saja, tetapi juga tamu undangan untuk membaca puisi. Kegiatan ini memang kami selenggarakan masih dalam ruang terbatas, sebenarnya gagasan Zikir para penyair lebih pada ajang silaturahmi, komunikasi secara internal maupun eksternal teater tonggak," ungkap Hendry Nursal, Ketua Teater Tonggak.

Beberapa rencana sudah digagas demi membesarkan agenda rutin tersebut, Namun kata Hendry yang kesehariannya adalah seoarang wartawan di Jambi, semuanya masih di rancang sembari berjalannya waktu serta menimbang adanya keterbatasan sumber daya.

BACA JUGA:Jelang Lebaran, Harga Cabai Merah di Pasar Angso Duo Jambi Turun

BACA JUGA:Kalian yang Suka Solo Rank Mobile Legends, Ini 3 Hero yang Cocok Buat Push Rank Season 32

"Iya seperti keinginan adanya Antologi puisi Zikir para penyair, saya sempat berpikir lebih meluaskan mungkin dengan cara hybrid. Teknologi tentunya juga bisa membantu, sehingga tidak menutup kemungkinan di tahun berikutnya Se-sumatera bahkan se-Indonesia, semoga terlaksana mengingat adanya keterbatasan dalam beberapa hal," imbuh lelaki yang juga menyandang peran sebagai Duta Publishitas HWPL Korea Selatan Perwakilan Indonesia.

Hadir komunitas Teater Alief dan Sanggar seni SMA Negeri 5 Jambi, para penyair dan penggiat sastra yang turut tampil serta Tampak Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi, Kepala Taman Budaya Jambi, seniman-seniman Jambi dari berbagai genre, generasi, juga undangan di Gedung Teater Arena Taman Budaya Jambi. 

Ramadhan kali ini pelaksanaan Zikir para penyair terasa Istimewa karena Komunitas teater moderen di Jambi ini telah menyentuh hari jadinya Ke-25, tepatnya pada 30 April 2024. Lantas, apa yang ingin Teater Tonggak tawarkan kali ini dimana momentum 25 tahun usia Teater Tonggak? 

"Kita semua tentu melihat ditengah derasnya arus budaya yang dipercepat dengan perkembangan Transformasi, telah mengikis nilai-nilai adat, budaya termasuk silaturahmi. Kerasnya pertarungan hidup, kejamnya lingkungan telah menciptakan generasi yang minim pengetahuan tentang seni, budaya hingga adat bahkan tidak mengetahui sama sekali. Maka Teater Tonggak ingin menyampaikannya melalui pertunjukkan teater dan berbagai kegiatan seni lain, salah satunya Zikir Para Penyair," beber Hendry Nursal, dengan penuh semangat.

BACA JUGA:Informa Jamtos Hadir dengan Konsep Baru, Tampilkan Produk Sesuai Zonasi

BACA JUGA:Terapkan 4 Cara Ini agar Anak Terbiasa Menabung

Hendry pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih pada pemerintah provinsi Jambi yaitu Disbudpar dan Taman Budaya Jambi atas sarana prasarana, pada para senior dan keluarga kami, para apresiator, rekan-rekan media dan semua pihak. 

"Tetapi tak lupa saya dan keluarga besar Teater Tonggak mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang turut memberikan perhatian, kritik saran termasuk materi dalam mendukung proses kreatif kami selama ini," pungkas Hendry yang juga mengemban tugas sebagai Ketua Pelaku Teater Indonesia Korda provinsi Jambi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: