Terapkan 4 Cara Ini agar Anak Terbiasa Menabung

Terapkan 4 Cara Ini agar Anak Terbiasa Menabung

Terapkan cara ini agar anak rajin menabung -Foto : ilustrasi-Net

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Terapkan 4 cara ini agar anak terbiasa menabung. Jika anak terbiasa menabung, maka mereka akan menjadi orang orang yang pandai mengatur keuangan jika sudah besar nanti.

Dengan mengajarkan anak menabung sejak usia muda, Anda membantu mereka memahami pentingnya pengelolaan keuangan.

Di samping itu, menabung juga penting bagi anak agar mereka belajar mengenai pentingnya menghargai uang, mengapa harus memiliki tujuan finansial, dan mengembangkan disiplin dalam mengelola uang. 

Berikut 4 cara agar anak terbiasa menabung :

1. Tetapkan Tujuan Menabung yang Spesifik

Bantu anak untuk menetapkan tujuan menabung yang spesifik dan mudah dimengerti. Misalnya, ajarkan mereka untuk menabung sejumlah uang untuk membeli mainan yang mereka inginkan atau untuk merencanakan liburan keluarga.

BACA JUGA:Yuk Main ke Kuala Tungkal, Destinasi Wisata yang Punya Sejarah Panjang untuk Indonesia

BACA JUGA:HAR di Mata Para Ketua RT se Kecamatan Kota Baru dan Alam Barajo

 Dengan memiliki tujuan yang jelas, anak akan merasa lebih termotivasi untuk menabung dan akan belajar tentang pentingnya merencanakan keuangan untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Beri Penghargaan atas Usaha Menabung Anak

Berikan penghargaan atau pujian kepada anak atas usaha mereka dalam menabung. Ini bisa berupa pujian verbal, pemberian hadiah kecil, atau bahkan mencatat kemajuan menabung mereka dalam sebuah buku atau papan penghargaan. 

Dengan memberikan penghargaan atas usaha mereka, anak akan merasa dihargai dan termotivasi untuk terus melanjutkan kebiasaan menabung mereka.

3. Mulai dari Mencontohkan Anak

Salah satu cara terbaik untuk mengajarkan anak menabung adalah dengan memberikan contoh yang baik sebagai orang tua atau wali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: