DLH Tanjab Timur Antisipasi Peningkatan Volume Sampah di Lokasi Pasar Bedug

DLH Tanjab Timur Antisipasi Peningkatan Volume Sampah di Lokasi Pasar Bedug

DLH Tanjab Timur Antisipasi Peningkatan Volume Sampah di Lokasi Pasar Bedug-Harpandi/jambi-independent.co.id-

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Selama bulan ramadan, sejumlah pasar bedug atau lokasi penjualan takjil menu berbuka puasa, ramai dijumpai di sejumlah di Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjab Timur.

Untuk mengantisipasi adanya tumpukan sampah atau peningkatan volume sampah dilokasi tersebut yang mayoritas berada di pinggir jalan raya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanjab Timur telah melakukan beberapa langkah penanganannya.

Alfajri, selaku Kabid Pengolahan Sampah dan Limbah B3, DLH Kabupaten Tanjab Timur, saat diwawancarai terkait hal tersebut mengatakan, dari hasil pengamatan pihaknya sejak adanya lokasi pasar bedug dan juga lapak penjualan takjil disejumlah wilayah di Kecamatan Muara Sabak Barat, peningkatan sampah biasanya terjadi pada sore hari.

"Sore hari itu pembeli ramai, jadi di lokasi pasar bedug dan lokasi penjualan takjil itu mulai muncul sampah yang bersumber dari hasil barang dagangan penjualan di sana," ucapnya.

BACA JUGA:Si Pengarang 'Dragon Ball', Akira Toriyama Meninggal Dunia

BACA JUGA:Tips Menyimpan Bahan Protein Segar untuk Stok Puasa Ramadan

Dirinya menjelaskan, tumpukan sampah yang menjadi fokus perhatian oleh pihaknya yaitu, kulit kelapa muda atau biasa disebut juga dengan Dogan.

"Kulit Dogan ini yang cepat menumpuk sampahnya. Jadi kami juga sudah berkoordinasi dengan pedagang Dogan, agar kulit Dogan itu dimasukkan dalam karung, biar nanti petugas kami jadi mudah juga dalam pengangkutan sampahnya," jelasnya.

Sejauh ini, kawasan disekitar area pusat perkantoran Kabupaten Tanjab Timur atau di kawasan Talang Babat yang masih menjadi lokasi paling ramai terdapatnya pasar bedug dan lapak penjualan takjil.

Akan tetapi, untuk penanganan sampah di lokasi tersebut masih bisa ditanggulangi oleh pihak DLH Kabupaten Tanjab Timur.

BACA JUGA:Manfaat Teh Lemon dan Jahe Diminum Sebelum Tidur

BACA JUGA:Hadapi Siaga Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H, PLN IP UBP Jambi dan SPN Polda Jambi Bekali Satuan Pengamanan

"Selain itu, sejak adanya pasar bedug dan lokasi penjualan takjil ini, kami juga telah meningkatkan patroli sampah kami. Yang biasanya dalam satu hari hanya satu trip pengangkutan sampah, sekarang sudah dua trip," pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: