Gelar Rakor Penanggulangan Bencana Banjir, Ini Langkah yang Diambil Pemkot Jambi

Gelar Rakor Penanggulangan Bencana Banjir, Ini Langkah yang Diambil Pemkot Jambi

Pemkot Jambi Gelar Rakor Penanggulangan Bencana Banjir-Ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih menginstruksikan jajarannya untuk selalu tanggap dan segera melaksanakan langkah cepat dan tepat terkait antisipasi bencana banjir di Kota Jambi.

Langkah tersebut diambil mengingat ketinggian permukaan (TMA) sungai Batanghari di Kota Jambi saat ini, Selasa 9 Januari 2024 sudah berada di level 14.47 meter (posisi Siaga II).

Sikap responsif dilakukan Dinas Damkar dan Penyelamatan (Damkartan) Kota Jambi dengan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana banjir bersama para pemangku kepentingan di Kota Jambi.

Rakor yang berlangsung di Aula Telanaipura Bappeda Kota Jambi, Selasa siang (9/1/2024) itu dipimpin langsung oleh Sekda Kota Jambi A. Ridwan.

BACA JUGA:Awal Tahun Baru 2024, Yamaha Rilis WR155R Warna dan Grafis Baru

BACA JUGA:Nany Hadi Tjahjanto Istri Menteri ATR/BPN Beli Tikar Pandan di Stand Dekranasda Muaro Jambi

Selain dihadiri instansi terkait dan Camat dilingkup Pemkot Jambi, Rakor juga diikuti unsur TNI, Polri, Basarnas dan BMKG.

Sekda A. Ridwan mengatakan, Rakor penanggulangan bencana banjir sebagai early warning system jajarannya yang dilakukan guna membahas langkah-langkah strategis dan taktis penanggulangan bencana banjir sehubungan dengan tingginya curah hujan dan permukaan sungai Batanghari.

"Tingginya curah hujan di  wilayah Kota Jambi dan  berdasarkan laporan 2 alat pengukur ketinggian permukaan Sungai Batanghari, yaitu pengukur ketinggian air manual dan alat pencatat ketinggian air otomatis AWRL (Automatic Water Level Recording-red) menunjukkan tinggi muka air (TMA) sungai Batanghari mencapai ketinggian 14,47 meter atau sudah masuk level Siaga II, oleh karena itu kita menggelar Rakor ini bersama stakeholder terkait sebagai bentuk berjalannya early warning, kesiapsiagaan penanganan bencana yang sudah berlangsung selama ini di Kota Jambi," terang Sekda A Ridwan.

Lanjut Sekda, Rakor selain memetakan wilayah rawan banjir dalam Kota Jambi juga memastikan kesiapsiagaan, baik personel maupun sarana prasarana serta menetapkan langkah taktis guna mengantisipasi resiko bencana banjir tersebut.

BACA JUGA:4 Shio yang Tak Kenal Menyerah, Semangat Berjuang Meski Diuji Habis-Habisan

BACA JUGA:Penuhi Kebutuhan Cairan, Ini Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Dari rilis Dinas Kominfo Kota Jambi yang diterima media ini, disebutkan Rakor telah menetapkan beberapa langkah taktis pananganan bencana banjir di Kota Jambi, yang akan diawali dengan menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana yang akan dipimpin oleh Pj Wali Kota Jambi. Pada Apel tersebut Pj Wali Kota selain menyampaikan arahan juga secara langsung akan melakukan pengecekan personil dan sapras.

Rakor juga menetapkan, Damkartan akan mempersiapkan sapras, seperti tenda pengungsian, perahu karet dan sarana lain terkait penanganan darurat kebencanaan. Basarnas, Polairud, Kodim, Polresta, serta Koramil dan Polsek siap membantu dalam pengamanan, evakuasi dan pencarian korban bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: