Ini 6 Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan dari Honda Sinsen

Ini 6 Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan dari Honda Sinsen

Tips merawat motor saat musim hujan -Foto : Honda Sinar Sentosa-Jambi-independent.co.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Musim hujan telah tiba dan sering kali menjadi kendala bagi yang akan bepergian keluar rumah, terlebih menggunakan sepeda motor.

 Curah hujan yang tinggi menjadikan jalanan di perkotaan memicu genangan dan banjir di mana-mana, sehingga harus ekstra hati-hati saat berkendara.

Air hujan mengandung zat asam tinggi sehingga dapat merusak berbagai suku cadang dan membasahi komponen-komponen pengapian yang membuat sepeda motor kesayanganmu mogok di tengah jalan.

Senior Technical Instructor PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Erfinando mengatakan terkait hal tersebut, kali ini kami akan berbagi tips merawat sepeda motor saat musim hujan untuk menjaga performanya agar tetap oke.

BACA JUGA:Bukan FGD Biasa, SMSI dan Bakesbangpol Provinsi Jambi Angkat Tema Pemilu Damai Berkualitas

BACA JUGA:5 Shio Rezeki Selalu Melimpah karena Suka Menolong, Dermawan dan Punya Hati Tulus

Sepeda motor adalah jenis kendaraan yang digunakan dari berbagai kalangan dan juga usia, ada banyak jenis dan tipe motor sesuai dengan target pasarnya. Memasuki musim penghujan ini pengendara sepeda motor harus lebih berhati-hati saat di jalan. perawatan sepeda motor saat musim hujan sangat perlu di lakukan agar terhindar dari kondisi yang mengganggu fungsi motor untuk digunakan dalam beraktivitas sehari-hari.

Berikut tips perawatan sepeda motor saat musim hujan :

1. Rutin mencuci motor

Hal pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan mencuci sepeda motor setelah hujan. Hal ini dikarenakan kandungan asam pada air hujan berpotensi menurunkan kilap cat pada motor.

2. Cek kondisi rantai 

Jika rantai motor terus-menerus terkena air hujan, dapat menyebabkan rantai menjadi cepat kering dan mudah berkarat. Oleh karena itu jika sudah terkena hujan sebaiknya rantai dicek dan dilumasi dengan pelumas khusus rantai.

 3. Rutin membersihkan busi motor

Busi menjadi salah satu komponen vital yang harus diperhatikan saat musim hujan. Oleh karena itu, setelah membersihkan motor sebaiknya cabut tutup busi atau penutup karetnya lalu tiup atau bersihkan dengan kain. Karena jika busi basah akan menghambat penyalaan motor saat dihidupkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: