Hadiri Rakor TSLP, Komisi III DPRD Apuk: Perusahaan Numpang Hidup di Merangin Wajib Salurkan CSR

Hadiri Rakor TSLP, Komisi III DPRD Apuk: Perusahaan Numpang Hidup di Merangin Wajib Salurkan CSR

Anggota Komisi III DPRD Merangin, Apuk-Ist/jambi-independent.co.id-

BANGKO, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Penyaluran Corporate Social Responsibility (CSR) dari berbagai perusahaan yang ada di Kabupaten Merangin, selama ini dinilai tidak terkelola dengan baik.

Akibatnya kehadiran perusahaan yang ada di Kabupaten Merangin ini, tidak berasa kehadirannya dalam menunjang untuk kesejahteraan masyarakat, bahkan masih ada perusahaan yang enggan menyalurkan CSR.

Terkait hal tersebut Komisi III DPRD Merangin As'ari Elwakas saat diwawancarai Usai Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Hidup Perusahaan (TSLP) mengaku, hal tersebut dikarenakan berdasarkan Perda nomor 3 tahun 2018, kemudian peraturan bupati tahun 2019 setelah di revisi baru disahkan tahun 2022, sehingga belum ada perangkat dalam pengawasan untuk dana CSR perusahaan yang ada di Kabupaten Merangin.

"Forum ini dibentuk adalah untuk salah satu perangkat kerjanya. Kita berharap kedepan perusahaan bisa menyalurkan bantuan CSR-nya lewat Forum ini, sehingga nanti semua perusahaan bisa terdata dan yang tidak dalam menyaluran CSR," sebut As'ari Elwakas yang kerap disapa Apuk.

BACA JUGA:Tinggal Merangin yang Belum Tandatangani NPHD, Ternyata KPU Merangin Pernah Ajukan NPHD Sebesar Rp52 Miliar 

BACA JUGA:6 Shio yang Bisnisnya Melejit di Akhir Tahun 2023

Selain sudah tertuang dalam peraturan Bupati lanjut Apuk, penyaluran CSR juga merupakan kewajiban perusahaan yang diamanahkan dalam undang -undang perseoran terbatas yang persentasenya 2 sampai 5 persen.

"Tinggal lagi nanti bagaimana pengelolaanya. Ini kewajiban, kalau perusahaan numpang hidup di Merangin wajib menyalurkan CSR-nya," harap Apuk.

Rapat yang digelar Pemkab Merangin melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-TK) itu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TSLP). 

Kegiatan yang berlangsung di aula depati payung kantor Bappeda Merangin tersebut terlihat dibuka Pj Bupati Merangin yang diwakili Staff Ahli Bupati Zainal Abidin, Kamis 16 November 2023. 

BACA JUGA:Pj Bupati Tebo Aspan Buka MTQ ke VI Kecamatan Sumay 

BACA JUGA:Razia Pekat II Siginjai 2023, Polisi Amankan 2 Pasangan Bukan Suami Istri di Kost

Selain itu, kegiatan  itu tampak hadir berbagai perusahaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS), Perbankkan serta perdagangan.

Staff Ahli Bupati Merangin Zainal Abidin usai Rakor Forum TLSP menyebutkan, rakor tersebut digelar sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) kabupaten Merangin nomor 3 tahun 2018 tentang tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: