Ihsan Yunus Bantu Mesin Roasting, Radjea Coffe Eskpor Kopi Ribuan Ton

Ihsan Yunus Bantu Mesin Roasting, Radjea Coffe Eskpor Kopi Ribuan Ton

Ihsan Yunus (jaket hitam) melihat bantuan mesin roasting di Radjea Coffe.--

Jambi, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Berjuang total untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Provinsi Jambi. Petani di semua sektor perkebunan dan pertanian tak luput dari perhatian Anggota DPR RI Dapil Jambi, Ihsan Yunus. Salah satunya adalah petani kopi.

Adalah Radjea Coffe, yang mendapat dukungan langsung dari Anggota Komisi IV DPR RI itu. Radjea Coffe merupakan pemenang pertama London Coffe Festival (festival kopi terbesar di dunia) di Inggris pada 2021 lalu. 

Radjea Coffe bermula dari kelompok tani kopi yang berada di Desa Sungai Ning, Kota Sungai Penuh, Jambi. Anggota DPR RI dua periode itu memberikan bantuan mesin roasting pada tahun 2018.

"Saya support mereka berupa mesin roasting, mereka berkembang pesat dan tahun 2021 lalu kirim kopinya untuk tanding di London. Menang juara 1, kemudian dibiayai BUMN untuk ekspor kopi sampai 5.000 ton, hingga sekarang mereka bisa buat cafe," kata Ihsan Yunus.

BACA JUGA:Jangan Buru-buru Beli Mobil Bekas, Perhatikan 14 Hal Ini Jika Tak Mau Menyesal

BACA JUGA:Program Merajut Harapan Bersama Jasa Raharja, Berdayakan Keluarga dan Korban Kecelakaan di Makassar 

Ihsan juga menceritakan, ihwal ia mendukung Radjea Coffe, bermula saat dirinya membawa program aspirasi dari Almarhum Al Fadli Abas selaku penikmat dan pecinta kopi. Al Fadli merupakan teman karib Beni selaku Owner Radjea Coffe, Pada saat itu, Al Fadli Abas mempunyai Impian sebelum meninggal ingin mendirikan sekolah kopi semacam LSP/LKP Kopi.

"Alhamdulillah Radjea Coffe ini menang dan peringkat pertama dari 16 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, dengan katagori spesialty coffe dan cupping score," kata Politisi PDI Perjuangan itu.

Tidak sampai di situ saja, kopi yang dihasilkan oleh Radjea Coffe ini sudah memasuk di cafe-cafe yang ada di seluruh Indonesia. Selain itu Radjea Coffe sudah mampu ekspor kopi dengan beragam permintaan. 

Bermulai dari ekspor pertama dengan mengirimkan 500 kilogram Grean Bean Robusta dan Arabika. Hingga kini bisa ekspor ribuan ton.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: