Menjaga Budaya di Kampung Berseri Astra Penyengat Rendah, Bentuk Kemandirian Warga Tepian Sungai Batanghari

Menjaga Budaya di Kampung Berseri Astra Penyengat Rendah, Bentuk Kemandirian Warga Tepian Sungai Batanghari

Kegiatan gotong royong Kampung Berseri Astra Penyengat Rendah Jambi-Foto : Dok KBA Penyengat Rendah Jambi-Jambi-independent.co.id

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID -  Kampung Berseri Astra atau KBA Penyengat Rendah yang berada di Kota Jambi merupakan wilayah yang masyarakatnya semakin maju dan mandiri. Tentunya hal ini  berkat dukungan dari Astra Group yang memilih Penyengat Rendah menjadi Kampung Berseri Astra.

Sejak dipilih menjadi Kampung Berseri Astra pada 4 Desember 2017 lalu,  banyak perubahan yang dirasakan oleh masyarakat. Tidak hanya dirasakan orang tua saja, bahkan perubahan menjadi lebih baik pun dirasakan oleh anak anak disekitaran tepian Sungai Batanghari Jambi ini.

Adalah Abdul Rahman Koordinator Kampung Berseri Astra Penyengat Rendah yang mengaku begitu banyak perubahan yang terjadi pada masyarakat semenjak dipilih menjadi Kampung Berseri Astra. "Tentunya dengan berbagai support yang diberikan oleh Group Astra Jambi. Baik secara moril maupun spiritual,"ujarnya.

Rahman menjelaskan bahwa awal mula Kampung Penyengat Rendah ini dipilih menjadi KBA karena di daerah ini selalu memupuk dan menjaga budaya Jambi dengan mengangkat tutur bahasa dan budaya yang harus terus diajarkan kepada generasi muda yakni "Budaya Bebaso".

BACA JUGA:Cik Bur Gugat DPP dan DPD Demokrat, Gara-gara Dicopot dari Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi?

BACA JUGA:Tahanan Lapas Jambi Tewas Dikeroyok, Polresta Jambi Bakal Periksa Kalapas Kelas IIA Jambi

"Kita memiliki 'Budaya Bebaso'. Bahasa Jambi yang merupakan tutur kata dan sopan santun dalam berbicara.  Seperti jika orang tua  memanggil misal disebut nama, maka adanya jawabannya seperti kata Tan, Ngeh, atau Tangkulo, sekarang tidak ada lagi. Itu yang kita ajarkan ke anak anak dan masuk dalam kurikulum  di TK yang ada di Kampung Berseri Astra,"bebernya.

"Ada bebaso istilahnya. Istilah ini sudah banyak yang melupakan ini. Hal inilah yang menarik perhatian Astra Group Jambi memilih kita sebagai Kalung Berseri. Selain salah satu syarat lainnya adalah Penyengat Rendah sudah masuk dalam kategori Kampung Bantar (Bersih,aman dan pintar) yang terlebih dahulu dipilih oleh Pemerintah Kota Jambi,"ujarnya.

Rahman yang kini juga sebagai penyintas kanker ini terus bersemangat untuk memajukan masyarakat yang ada di KBA Penyengat Rendah semakin maju dan mandiri. 

"Berkat dukungan Astra Group khususnya yang di Jambi, kami sangat terbantu dalam membentuk masyarakat yang semakin maju dan mandiri. Apalagi dulu, Penyengat Rendah ini masih cukup tertinggal dibandingkan daerah lain di Kota Jambi. Selain lokasinya yang berada di pinggiran Sungai Batanghari, mindset masyarakatnya juga masih tertinggal. Namun berkat dukungan yang diberikan Astra Group, perlahan mindset masyarakat sudah semakin maju dan modern,"jelasnya.

BACA JUGA:Angsuran Terbaru KUR BRI 20 September 2023 Bunga 0,5 Persen, Dari Rp 20 Juta hingga Rp 80 Juta

BACA JUGA:Atlet Menembak Jambi Berjaya di Piala Gubernur DKI Jakarta Cup 2023, Guntur Muchtar: Ini Kualitas Jambi

4 Pilar  Pengembangan Masyarakat 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: