Menjaga Budaya di Kampung Berseri Astra Penyengat Rendah, Bentuk Kemandirian Warga Tepian Sungai Batanghari

Menjaga Budaya di Kampung Berseri Astra Penyengat Rendah, Bentuk Kemandirian Warga Tepian Sungai Batanghari

Kegiatan gotong royong Kampung Berseri Astra Penyengat Rendah Jambi-Foto : Dok KBA Penyengat Rendah Jambi-Jambi-independent.co.id

Dikatakannya, dalam hal ini Astra Group membentuk koperasi yang sudah diikuti oleh 36 pelaku usaha kecil menengah. Tidak hanya memberi modal awal saja, namun juga diberi pendampingan dalam mengurus izin hingga akta notaris dan izin lainnya 

"Dari sana awal koperasi yang diberi bantuan sebesar Rp 25 juta, hingga 2023 ini sudah berkembang hingga Rp 70 juta. Tentunya hal ini sangat bermanfaat khususnya bagi pelaku usaha yang ada di Kampung Berseri Astra Penyengat Rendah,"bebernya.

Sedangkan untuk pilar keempat atau terakhir yakni bidang lingkungan. Dikatakan pria yang akrab disapa Rahman ini, dalam bidang lingkungan, KBA Penyengat Rendah fokus pada penghijauan tanaman hidroponik. Bahkan, masyarakat membuat sendiri nutrisi atau pupuk yang digunakan untuk pengembangan tanaman.

BACA JUGA:Di Hadapan Presiden, PLN Paparkan Konsep Transisi Energi Menuju COP28 Pada Acara Puncak Festival LIKE 2023

BACA JUGA:Sudah 100 Hektar Lahan Konsesi PT ABT yang Terbakar, BPBD Tebo Dirikan Posko

"Kita berharap membuat sendiri nutrisi untuk tanaman. Sudah kita uji coba untuk tanaman buah melon dan Alhamdulillah berhasil,"ujarnya.

Bentuk Masyarakat Semakin Mendiri

Rahman pun mengungkapkan manfaat luar biasa yang dirasakan oleh masyarakat sejak masuk dalam KBA Penyengat Rendah. 

"Tentunya yang kita rasakan pendidikan di sini semakin maju, anak anak hingga saat ini masih menerima dari Astra 38 anak dari SD hingga SMA mereka menerima per semester,"ujarnya.

"Kita juga meminta orang tua yang anak anaknya penerima beasiswa bisa aktif dalam menjaga lingkungan. Misalnya rumah mereka memiliki minimal 10 tanaman polibag dan menyediakan dua tong sampah. Jadi mulai dari anak anak,remaja hingga orang tua ikut berperan aktif dalam setiap kegiatan di KBA Penyengat Rendah ini,"tambahnya.

"Tentunya kami mengucapkan terima kasih dan berharap kepada Group Astra agar terus memberikan pendampingan dan perhatian  khususnya dalam pengembangan pemberdayaan masyarakat,"harapnya.

Sementara itu, Offi Ckarnando, Koordinator Wilayah Astra Group Jambi mengatakan bahwa Astra selalu memberikan perhatian kepada masyarakat baik dalam bentuk pemberian CSR maupun bantuan lainnya. Salah satunya dengan dibentuknya Kampung Berseri Astra Penyengat Rendah Jambi.

"Ada banyak kegiatan dan bantuan yang kita laksanakan. Mulai dari bidang pendidikan, kesehatan,lingkungan,pemberian sembako, pengembangan UMKM dan lainnya. Tentunya bantuan yang diberikan kepada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial kita," ujarnya.

Dijelaskan Offi bahwa Astra Grup Jambi terdiri dari 9 perusahaan, yaitu United Tractors, ACC, SANF, Astra Motor, Astra Daihatsu, Traktor Nusantara, AAB, TAF dan FIF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: