Menjaga Budaya di Kampung Berseri Astra Penyengat Rendah, Bentuk Kemandirian Warga Tepian Sungai Batanghari

Menjaga Budaya di Kampung Berseri Astra Penyengat Rendah, Bentuk Kemandirian Warga Tepian Sungai Batanghari

Kegiatan gotong royong Kampung Berseri Astra Penyengat Rendah Jambi-Foto : Dok KBA Penyengat Rendah Jambi-Jambi-independent.co.id

Rahman menjelaskan bahwa KDA Penyengat Rendah fokus pada 4 pilar yakni pendidikan, kesehatan, UMKM dan lingkungan. "4 Pilar inilah yang didukung oleh Astra Group sehingga semakin berkembang. Mulai dari 4 Desember 2017 hingga saat ini 2023,"jelasnya.

Rahman menjelaskan bahwa untuk pilar pertama yakni bidang pendidikan lebih fokus ke Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) dan juga pemberian beasiswa untuk siswa TK hingga SMA.

"Yang awalnya PAUD kita hanya memanfaatkan fasilitas seadanya. Kini Paud kita meskipun bangunannya kecil namun kini menjadi PAUD percontohan untuk sekolah penggerak,"ujarnya saat ditemui disela sela jadwal kemo therapy yang dijalaninya di RS Raden Mattaher Jambi.

Hal inipun diakui oleh RTS Jumiati Ayudiah, Fasilitator Beasiswa Kampung Berseri Astra sekaligus Kepala Sekolah di TK Al-Fadhl, PAUD di KBA Penyengat Rendah bahwa kini, PAUD sudah berubah menjadi sekolah penggerak. Bahkan akreditasi yang awalnya C berkat bantuan Astra Group berubah menjadi B.

 "Bahkan kita para gurunya dan saya sebagai Kepala Sekolah dibimbing menjadi guru penggerak. Kemudian kita yang menjadi percontohan untuk menggerakkan sekolah lain. Konsepnya tergerak, bergerak dan menggerakkan orang lain,"bebernya.

BACA JUGA:Kemarau Basah Selamatkan Sawah Petani di Tanjab Timur

BACA JUGA:Lebih Cocok Jadi Dokter hingga Akuntan,Ini 5 Pekerjaan Terbaik untuk Zodiak Virgo

"Untuk biaya bulanan TK Al-Fadhl yang merupakan Binaan Astra hanya Rp. 50.000. Setiap tahunnya biasanya 3 orang dari anak yatim dan duafa kita gratiskan. Semua demi pelayanan PAUD,"bebernya.

Menariknya lagi, dalam bidang pendidikan, Astra Group juga memberikan beasiswa pendidikan ke 38 siswa TK hingga SMA yang bertempat tinggal di 7 RT yang masuk dalam KDA Penyengat Rendah Jambi.

 "Selain memberikan beasiswa, Astra Group juga memberikan berbagai fasilitas untuk memajukan pendidikan di sini seperti pembangunan toilet hingga sarana dan prasarana lainnya,"ujarnya.

Sementara pilar kedua yakni  bidang kesehatan. Ada 2 posyandu yang telah dibangun di Kampung Berseri Astra yang sudah melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Bahkan 2 posyandu tersebut dibangun dari anggaran dari APBD Kota Jambi dan juga dari group Astra. Tentunya dengan dibangunnya gedung ini, sangat membantu masyarakat khususnya Ibu dan anak di wilayah Kampung Berseri Astra Penyengat Rendah khususnya dalam melaksanakan program Posyandu setiap bulannya. Dimana dalam kegiatan tersebut selalu memantau perkembangan kesehatan ibu dan anak di wilayah kami,"bebernya.

 

Abdul Rahman menambahkan bahwa untuk pilar yang ketiga yakni bidang UMKM. Berkat bantuan group Astra, sebanyak 36 UMKM sudah berkembang dengan sangat baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: