Momentum Peringatan ke-62 Tahun Pramuka, Fasha Minta Pramuka Terus Menjadi Pelopor dan Teladan

Momentum Peringatan ke-62 Tahun Pramuka, Fasha Minta Pramuka Terus Menjadi Pelopor dan Teladan

Fasha Minta Pramuka Terus Menjadi Pelopor dan Teladan--

Jambi, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID- Pemerintah Kota Jambi bersama Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Jambi  menggelar apel besar dalam rangka Upacara Peringatan 62 Tahun Hari Pramuka tahun 2023, yang digelar bertempat di Lapangan Utama Balaikota Jambi, Senin pagi 11 September 2023. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha, yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kota Jambi.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Jambi dr. H. Maulana, yang juga sekaligus sebagai Wakil Kamabicab, unsur Mabi Kota Jambi dan unsur Forkompimda Kota Jambi. Upacara yang berlangsung khidmat dan meriah tersebut, turut dihadiri ribuan Pramuka Penggalang SD, Penggalang SMP, Penegak Bantara, Penegak Pandega, Pembina, Kamabigus, Kamabiran, Kakwaran dan seluruh Pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Jambi dan unsur Satuan Karya Pramuka (Saka) Kota Jambi.

Dalam amanatnya, Wali Kota Fasha membacakan sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka. Mengusung tema besar "62 Tahun Pramuka, Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional", Fasha mengajak masyarakat untuk kembali menjadikan gerakan pramuka sebagai pendidikan utama pembentukan karakter generasi muda Indonesia.

"Kedepan, program pendidikan pramuka memang dibutuhkan di Kota Jambi dan bangsa ini. Pramuka sendiri sudah jadi mata pelajaran wajib di Kota Jambi. Termasuk di dalamnya, ada pelajaran wawasan kebangsaan yang sangat penting diajarkan kepada anak didik kita, agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur. Termasuk, jiwa nasionalisme, cinta tanah air, serta semangat bela negara," ujar Wali Kota Fasha.

BACA JUGA:Aksi Pencegahan, KPK Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi di Kota Jambi

BACA JUGA:4 Aplikasi Pinjol Resmi OJK Terpercaya, Dana Cair Hitungan Menit, Limit Rp30 Juta

Sebagaimana diketahui, Kota Jambi sebagai pemerintah daerah pertama di Indonesia yang memiliki peraturan daerah khusus yang mengatur tentang gerakan pramuka. Yaitu Peraturan Daerah Kota Jambi nomor 3 tahun 2019 tentang Gerakan Pramuka. Peraturan daerah ini yang akan menjadi payung hukum pelaksanaan pendidikan kepramukaan di Kota Jambi secara komprehensif dan terstruktur, serta menjadi bagian tidak terpisahkan dalam pendidikan karakter anak didik di Kota Jambi.

Dirinya pun mengajak seluruh unsur gerakan pramuka untuk lebih memaknai arti gerakan pramuka yang selalu mendidik anggotanya menjadi pelopor dan teladan.

"Karena dengan mengikuti kegiatan pramuka, anggota pramuka, anak didik akan bermental, bermoral dan berbudi pekerti yang luhur, menjadi manusia yang berjiwa Pancasila dan setia kepada negara kesatuan Republik Indonesia," sebutnya.

"Saya mengajak segenap pengurus kwartir, para pelatih dan pembina, serta semua anggota pramuka senantiasa menjadi pelopor dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila, rasa persatuan serta nasionalisme,” pungkas Fasha.

BACA JUGA:Kapolda Jambi Salurkan Air Bersih kepada Warga Paal Merah yang Terdampak Kekeringan

BACA JUGA:Kelurahan Teluk Dawan Disematkan Menjadi Kampung Bebas Narkoba, Ini Harapan Kapolres Tanjab Timur

Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan dan pembentukan karakter generasi muda penerus bangsa, mendapat tempat istimewa di Kota Jambi. Komitmen untuk terus menjadikan gerakan Pramuka sebagai pemacu motivasi dan wadah berkreasi secara positif, terus di galakkan oleh duet kepemimpinan Wali Kota Jambi Syarif Fasha, bersama Wakilnya Maulana dalam kepemimpinannya membangun Kota Jambi. 

Keseriusan itu dibuktikan dengan konsistennya pengalokasikan dana APBD Kota Jambi yang cukup besar untuk gerakan Pramuka Kota Jambi. Bahkan alokasi anggaran Pemkot Jambi untuk kegiatan kepramukaan, terbesar di Provinsi Jambi. Tidak hanya menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang memiliki produk hukum, Peraturan Daerah yang khusus mengatur tentang Gerakan Pramuka di Kota Jambi, Wakil Wali Kota Jambi dr. H. Maulana pun telah mendedikasikan dirinya menjadi Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Jambi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: