Kerinci Tengah Penentu Kemenangan, Isu Kedaerahan Selalu Mencuat Jelang Pilkada

Kerinci Tengah Penentu Kemenangan, Isu Kedaerahan Selalu Mencuat Jelang Pilkada

Isu kedaerahan selalu muncul setiap pilkada-Foto : ilustrasi-Net

KERINCI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pemilihan Bupati dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten KERINCI baru dilaksanakan di 2024 mendatang. Namun situasi dan tensi politik terus meningkat, sejumlah nama mulai muncul dari beberapa wilayah di KERINCI Hilir, Tengah dan Mudik. Para calon sudah terlihat memasang aba-aba siap maju sebagai calon bupati.

Dalam konteks Pilkada Kerinci, isu kedaerahan akan tetap menjadi isu yang menarik dan akan dimainkan oleh para calon kepala daerah guna untuk mendapatkan dukungan dari daerah basis. Hal terjadi karena sejak Kabupaten Kerinci pasca pemekaran yang melahirkan Kota Sungai Penuh.

Menurut pengamat politik, Ferry Siswadhi, Akademisi dan pengamat politik & Kebijakan Publik Dari sekolah Tinggi ilmu Ekonomi (STIE)  sakti Alam Kerinci menjelaskan bahwa kerinci secara kewilayahan seutuhnya.

Terdiri dari 18 Kecamatan yang membujur dari mulai Desa Air Terjun Kecamatan Gunung Tujuh di ujung Utara sampai dengan Desa Muara Hemat, Kecamatan Batang Merangin) di ujung Selatan. Sehingga dalam konteks, Formal Region,  tidak ada istilah, hilir, tengah dan mudik.

BACA JUGA:Terlalu Hemat Hingga 4 Shio Ini Punya Harta Banyak dan Melimpah, Iritnya Over Ya...

BACA JUGA:Idaman Banget Nih, 4 Zodiak Pria Jago Masak, Cocok Jadi Koki Tampan

Namun menurutnya, dalam perkembangan, konstelasi dan kontestasi politik, khususnya terkait Pilkada akhirnya muncul istilah,Kerinci Mudik, Kerinci Tengah dan Kerinci Mudik.

"Hal ini bisa kita lihat sebagai bentuk pendekatan Functional Region, khususnya terkait Specific Region, artinya timbulnya kewilayahan yang memiliki kesamaan hubungan kekhususan seperti adat istiadat, sosial budaya, kekerabatan, dan sejenisnya, yang secara alamiah akan terbentuk dalam persepsi masyarakatnya. Secara fungsional hal ini adalah sah-sah saja selama tidak merusak tatanan, formal administratif, yang telah diatur dengan peraturan perundangan,"jelasnya.

Feri Siswadi, menjelaskan jika melihat wilayah fungsional Kerinci maka spesifikasi wilayah, specific region,terdiri dari Kerinci mudik, Yakni kecamatan Gunung Tujuh, Kayu Aro Barat,  Kayu Aro, Gunung Kerinci kecamatan Siulak dan kecamatan siulak Mukai.

Sedang untuk kerinci, terdiri dari Kecamatan  Air Hangat, kecamatan Air hangat Barat, kecamatan Depati Tujuh dan Kecamatan Air Hangat Timur. Sedang untuk Kerinci Hilir terdiri dari Kecamayam  Sitinjau Laut, kecamatan Tanah Cocok, Danau Kerinci, Danau Kerinci Barat, Keliling Danau, Bukit Kerman, Gunung Raya dan Kecamatan Batang Merangin. 

BACA JUGA:Hotspot di Jambi Berkurang, Patroli Karhutla Tetap Jalan, Ini Update Terbaru Pantauan Satelit KLHK

BACA JUGA:SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd Terima Penghargaan Bidang Literasi dari Pemkab Tanjab Barat

Dia menambahkan Dalam kontestasi Pilkada 2024 nanti tentu banyak variabel, yang akan mempengaruhi.. khususnya terkait dengan Paradigma Identitas,  yang akan menonjolkan , kewilayahan spesifik, ini peluang Calon Bupati, dari masing wilayah akan sangat dipengaruhi oleh jumlah pemilih dan tingkat partisipasi pemilih.

Menurut, Pengamat politik dan Kebijakan publik, Fery Siswadi, jika kita melihat berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten  Kerinci Pemilu 2024 maka Kerinci tengah akan menjadi kunci penentu kemenangan. Untuk jumlah DPT Kerinci Mudik sebanyak  78.956, Kerinci Tengah sebanyak  45.671 dan DPT Kerinci Hilir  sebanyak 73.030. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: