Sensus Pertanian 2023 dan Revitalisasi Pertanian

Sensus Pertanian 2023 dan Revitalisasi Pertanian

Muji Lestari SE, MA, Kepala BPS Kabupaten Muaro Jambi--

Tahapan pencacahan ini sangat penting yang akan menentukan keberhasilan ST2023 sehingga perlu dukungan berbagai pihak. 

BACA JUGA:Indahnya Kebhinekaan, Suku Dayak Bertemu Suku Anak Dalam, Lewat Apel Silaturahmi Kebangsaan di Polda Jambi

BACA JUGA:Lebih Nyaman Dibalik Layar, Ini 5 Zodiak Suka Menutup Diri dari Lingkungan Sekitar

Tantangan yang harus diatasi dalam pencacahan ST2023 adalah kemampuan tenaga pencacah yang andal, tangguh dan mampu berkomunikasi dengan baik kepada para petani dan pelaku usaha pertanian yang menjadi responden.

Tantangan ini dapat diatasi dengan melakukan sosialisasi, pendampingan, supervisi dan pengendalian kepada seluruh tenaga pencacah.

Tantangan lain yang tidak mudah untuk diatasi adalah kesediaan responden baik rumah tangga petani dan perusahaan pertanian dalam memberikan jawaban secara tepat, jujur, akurat dan benar. Tantangan ini hanya dapat diatasi dengan kerjasama dan kemitraan seluruh pemangku kepentingan secara luas dan saling mendukung.

Dalam hal ini, seluruh jajaran BPS Provinsi dan BPS Kabupaten/Kota perlu secara total menggalang kerjasama, kemitraan dan koordinasi dengan berbagai pihak terutama para petani dan pelaku usaha pertanian, Kepala Desa, Camat, organisasi perangkat daerah (OPD), Bupati/Walikota, seluruh kelompok masyarakat, serta media massa. Dengan kerjasama, kemitraan dan koordinasi yang baik dan solid, maka kegiatan pencacahan di lapangan akan mendapatkan informasi secara akurat dan benar. 

BACA JUGA:Ciri-ciri Diri Sanggup Mengatasi Kesulitan Hidup yang Ada

BACA JUGA:Kasus TPPO, Subdit IV Ditreskrimum Polda Jambi Amankan 7 Pelaku, Satu di Antaranya Perempuan

Penutup

Pelaksanaan ST2023 sangat urgen dan relevan bagi pengumpulan data dan informasi pertanian. Hasil ST2023 akan menjadi pijakan dan masukan yang sangat berharga bagi analisis kebijakan, perumusan kebijakan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan revitalisasi pertanian secara  lebih akurat dan tepat sasaran.

Dan pada akhirnya revitalisais pertanian yang dijalankan dengan sungguh-sungguh, terencana, terpadu, efisien dan efektif akan menjamin terwujudnya ketahanan dan kedaulatan pangan, tersedianya bahan baku industri pengolah hasil pertanian, terciptannya kesempatan kerja, berkurangnya kemiskinan, meningkatnya pendapatan masyarakat terutama para petani, bertambahnya pendapatan devisa negara, serta tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Oleh sebab itu, seluruh rangkaian kegiatan ST2023 khususnya pencacahan di lapangan perlu didukung oleh semua pemangku kepentingan.

 

"To forget how to dig the earth and to tend the soil is to forget ourselves." (Mahatma Gandhi)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: