Naik Haji atau Bayar Utang, Mana yang Didahulukan? Berikut Penjelasannya

Naik Haji atau Bayar Utang, Mana yang Didahulukan? Berikut Penjelasannya

Mana yang didahulukan, naik haji atau bayar utang.-ist/jambi-independent.co.id-Kemenag RI-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Umat muslim mana yang tidak mendambakan bisa melaksanakan ibadah haji. Semua berharap bisa menginjakkan kakinya di tanah suci Makkah, demi menunaikan ibadah ini.

Ya, selain membutuhkan persiapan dana yang cukup, menunaikan ibada haji juga harus menyiapkan fisik yang kuat. Ini supaya para jamaah haji tak mengalami kesulitan selama melaksanakan ibadah.

Sebelum berangkat menunaikan ibadah haji, para calon jamaah biasanya melakukan doa bersama dengan kerabat terdekat atau tetangga. Minta didoakan keselamatan selama perjalanan suci ini.

Nah, tapi bagaimana jika ada pertanyaan, mana yang didahulukan naik haji dulu atau bayar utang? Dalam artikel ini akan dijelaskan, mana yang lebih baik didahulukan.

BACA JUGA:9 Ciri ciri Wanita Pengikut Dajjal pada Hari Kiamat, Semoga Kita Tidak Termasuk

BACA JUGA:Deretan Zodiak yang Bermulut Pedas Tapi Berhati Lembut

Haji merupakan kewajiban bagi umat Islam. Haji bahkan salah satu dari pilar keislaman seorang Muslim atau rukun Islam. Rasulullah sendiri memandang haji sebagai ibadah mulia yang sangat penting.

Dalam sebuah artikel yang dikutip dari laman resmi Kementerian Agama Republik Indonesia, Rasulullah dalam sebuah hadits mempersilakan umatnya yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan ibadah haji tetapi tidak melaksanakannya untuk mati sebagai non-Muslim.

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : (مَنْ مَلَكَ زَادًا وَرَاحِلَةً تُبَلِّغُهُ إِلَى بَيْتِ اللَّهِ وَلَمْ يَحُجَّ ، فَلَا عَلَيْهِ أَنْ يَمُوتَ يَهُودِيًّا، أَوْ نَصْرَانِيًّا، وَذَلِكَ أَنَّ اللَّهَ يَقُولُ فِي كِتَابِهِ : (وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ البَيْتِ مَنْ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا

Artinya, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Siapa saja yang memiliki bekal dan kendaraan yang dapat mengantarkannya ke Baitullah dan ia tidak juga berhaji, maka ia boleh pilih mati sebagai Yahudi atau Nasrani. Allah berfirman dalam Al-Quran, ‘Kewajiban manusia dari Allah adalah mengunjungi Ka’bah bagi mereka yang mampu menempuh perjalanan,’’” (HR A-Tirmidzi dan Al-Baihaqi).

BACA JUGA:Jangan Langsung di Buang, ini Segudang Manfaat dari Bagian Tengah Buah Nanas

BACA JUGA:Candaan Jokowi saat Berpidato di Singapura, Singgung Soal Pilpres

Meski demikian, seseorang harus memiliki bekal pulang dan pergi sebagai salah satu persyaratan. Perbekalan pulang dan pergi ini berupa bekal di luar dari kebutuhan untuk melunasi utang yang menjadi tanggungannya. Hal ini berlaku bagi utang yang harus segera dilunasi atau utang yang tidak harus segera dilunasi sebagaimana penjelasan Imam An-Nawawi berikut ini:

ويشترط في الزاد ما يكفيه لذهابه ورجوعه فاضلا... عن قضاء دين يكون عليه حالا كان أو مؤجلا

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: