Wajib Tahu..!! Ini Alasan Mengapa Doa Tidak Dikabulkan, Mari Ubah Kebiasaan Ini

Wajib Tahu..!! Ini Alasan Mengapa Doa Tidak Dikabulkan, Mari Ubah Kebiasaan Ini

Ini alasan mengapa doa belum juga dikabulkan -Foto : ilustrasi-Pixabay

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Anda wajib tahu..ini alasan mengapa doa tidak dikabulkan.

 

Doa Anda hingga saat ini ada yang belum terkabul? Tentunya, setiap orang memiliki doa khusus yang ditujukan kepada Allah SWT. Baik dalam meminta pertolongan, doa diberikan rezeki yang melimpah hingga kebahagiaan.

 

Namun, tentu ada doa yang hingga saat ini belum dikabulkan. Sebenarnya ada banyak alasan mengapa Allah belum juga mengabulkan doa doa yang Anda panjatkan.

 

Bisa jadi karena Allah ingin melihat seberapa sabar dan seberapa besar usaha yang dilakukan umat-Nya untuk mendapatkan doa tersebut.

 

Selain dengan selalu berusaha (berikhtiar) untuk mendapatkan suatu keinginan, umat muslim biasanya memang menyertai dengan memohon bantuan dan berdoa kepada Allah SWT (bertawakal).

BACA JUGA:Jarang Disadari, Inilah 9 Tanda Malaikat Maut akan Menjemput, Tanda-tanda Kematian yang Harus Diketahui

BACA JUGA:Aneh...3 Pimpinan KKB Menyerahkan Diri, Namun Minta Syarat Ini, Jika Tak Diberi Ancam Kembali ke KKB

 

Namun, ada kalanya kita merasa bahwa doa yang selalu kita panjatkan tidak kunjung terkabul, entah apa memang tidak diterima atau ditahan oleh Allah SWT, karena permintaan tersebut belum kunjung dikabulkan.

 

Allah berjanji, bahwa semua doa yang disampaikan oleh hambanya akan dikabulkan. Hal ini dijelaskan dalam Alqur'an pada surat Ghafir, yang artinya:

 

"Berdoalah kepadaku, aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-ku, akan dimasukkan ke dalam neraka jahanam dalam keadaan hina dina," (QS Ghafir: 60).

 

Nah, mengenai doa yang tidak diterima atau dikabulkan tersebut, salah satunya karena dalam menyampaikan doa tersebut tidak khusyuk di hadapan Allah SWT saat menyampaikan doa.

 

Simak di sini penjelasannya, terkait dengan penyebab doa yang kamu panjatkan namun tidak dikabulkan, diantaranya:

BACA JUGA:DUH..! Bendera Indonesia Terbalik hingga Kekurangan Lampu, Ini Insiden Memalukan SEA Games 2023 Kamboja Viral

BACA JUGA:SUBHANALLAH...Hanya Lakukan Amalan Sederhana Ini, Manusia akan Selamat di Hari Kiamat Nanti

 

1. Meninggal Kewajiban dari Allah SWT

 

Kewajiban memang harus selalu didahulukan sebelum meminta imbalan atau sesuatu. Nah begitu juga dengan berdoa, jika kewajiban yang diberikan tidak ditunaikan maka bagaimana doa akan dikabulkan.

Dekatkan diri kepada Allah SWT, tunaikan semua kewajiban yang diharuskan dan ikhlas dalam melaksanakan semua amalan ibadah, insyaallah doa kamu akan diterima Allah SWT.

2. Berdoa dengan Tergesa-gesa

 

Doa yang dilakukan secara tergesa-gesa, bisa jadi merupakan salah satu penyebab doa kamu tidak dikabulkan oleh Allah SWT.

 

Berdoa memang harus dilakukan dengan khusyuk, dan senantiasa merendahkan diri dalam menghadapnya.

 

 

Rasulullah SAW bersabda: " Doa seorang hamba akan terkabulkan selagi tidak tergesa-gesa, yaitu saat ia berkata, 'Saya sudah berdoa tapi tidak dikabulkan'." (HR. Bukhari).

BACA JUGA:Diskon Khusus hingga 65 Persen di Ace Hardware Jamtos dan JPM Trona Jambi

BACA JUGA:KPK Kembali Tetapkan Rafael Alun Sebagai Tersangka, Kali Ini Dalam Kasus TPPU

Dalam riwayat lain juga dijelaskan, Rasulullah SAW bersabda: "Seorang hamba akan selalu dikabulkan doanya oleh Allah SWT selagi ia tidak berdoa dengan sesuatu yang berdoa, atau memutus silaturahmi, atau tergesa-gesa," (HR. Muslim).

3. Melakukan Perbuatan Maksiat dan Tercela

Salah satu yang menyebabkan doa tidak dikabulkan oleh Allah SWT, adalah doa orang yang gemar melakukan tindakan maksiat.

Perbuatan maksiat dan tercela, akan menghalangi doa yang disampaikan kepada Allah SWT, karena masih banyak berbuat dosa.

Rasulullah SAW bersabda: "Doa seseorang akan dikabulkan selama dia tidak berbuat dosa dan memutus silaturahmi," (HR. Ahmad).

4. Menggunakan Barang dan Konsumsi yang Haram

Kenapa doa kamu tidak diterima, menggunakan barang dan konsumsi yang haram, bisa jadi menjadi penghalang doa yang kamu panjatkan kepada Allah SWT.

Maka tinggalkanlah sesuatu yang memang bukan hak kamu, jika memang bukan merupakan milik kamu jangan digunakan atau dipakai.

BACA JUGA:Masya Allah, Inilah 7 Hikmah dan Manfaat Beriman kepada Qada dan Qadar Allah, Nomor 5 Buat Hidup Bahagia

BACA JUGA:Sempat Mandek, Berkas Perkara Mario Dandy Dilimpahkan Polisi ke Jaksa

Allah SWT juga sangat tidak menyukai orang yang mengkonsumsi makanan atau minuman yang haram, dan ini termasuk salah satu antara yang menghalangi doa kamu.

5. Sombong Dihadapan Allah  SWT

Satu hal yang memang harus dan menjadi perhatian bagi kita selaku umat muslim, bahwa Allah SWT maha kuasa dan maha esa.

Janganlah kamu bersombong diri dihadapan Allah SWT, kesombongan tersebut dapat menyesatkan dan menimbulkan dosa.

Bahkan dalam Alquran Surat Al-Araf Ayat 55, Allah SWT berfirman yang artinya: "Berdoalah kepada rabbmu dengan merendahkan diri dan suara yang lembut," bunyi surat tersebut.

Inilah beberapa kesalahan dalam memanjatkan doa kepada Allah SWT, kemungkinan yang menjadi penghalang belum terkabulkan keinginan kita.

BACA JUGA:Diskon Khusus hingga 65 Persen di Ace Hardware Jamtos dan JPM Trona Jambi

BACA JUGA:Cara Taklukan Hati Zodiak Taurus, Diantaranya Berwibawa

Selain dengan berdoa memohon bantuan dan pertolongan Allah SWT, kita selaku umat manusia juga harus menyertai dengan usaha yang maksimal.

Usaha dan doa memang tidak dapat dipisahkan keduanya, karena usaha tanpa doa tidak akan berhasil, dan doa tanpa usaha sama dengan meminta air menggunakan wadah bocor.

Semoga bermanfaat, dan bisa menjadi pengetahuan untuk kita semua.(*)


 

 

Artikel ini juga tayang di betv.com

Dengan judul jangan disepelekan ini penyebab doa kamu tidak dikabulkan segera introspeksi diri

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: betvnews.com