Peringatan Detik-detik Proklamasi, Pemkot Gelar Jamuan dan Santuni Pejuang Veteran

Peringatan Detik-detik Proklamasi, Pemkot Gelar Jamuan dan Santuni Pejuang Veteran

Peringatan Detik-detik Proklamasi, Pemkot Gelar Jamuan dan Santuni Pejuang Veteran--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Penyelenggaraan upacara peringatan 77 tahun Indonesia merdeka, sukses dilaksanakan di tanah Pilih Pusako Batuah Kota JAMBI. Beberapa rangkaian peringatan, dengan khidmat diikuti oleh segenap masyarakat Kota JAMBI. Tidak hanya rangkaian Upacara Pengibaran Bendera dan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung di Balaikota, namun disetiap penjuru Kota JAMBI seolah berhenti sejenak, khidmat menyanyikan bersama Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Puncak acara peringatan ditandai dengan pengibaran Sang Merah Putih di Lapangan Utama Kantor Wali Kota JAMBI, Rabu pagi (17/8). Bertindak sebagai inspektur upacara, Wali Kota JAMBI Dr. H. Syarif Fasha, M.E.,. Sementara teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Kota JAMBI Putra Absor Hasibuan, S.H.

Upacara pengibaran bendera yang dihadiri unsur Forkompimda, ASN Pemkot JAMBI, Ormas, LSM, Pelajar, TNI dan Polri itu, diawali dengan penjemputan Sang Merah Putih dari kediaman dinas jabatan Wali Kota JAMBI. Pasukan pengibar bendera dibawah binaan Dispora Kota JAMBI yang berasal dari pelajar terpilih SMA/SMK/MA se-Kota JAMBI, tampak mantap dan percaya diri menyuguhkan penampilan apik mengibarkan bendera pusaka. Momentum peringatan HUT Proklamasi di Kota JAMBI, juga dirangkai dengan penyerahan hadiah pemenang lomba Kampung Bantar dan Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kota JAMBI tahun 2022.

Rangkaian upacara bendera di Lapangan Utama Balaikota dilanjutkan dengan mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Pusaka dan peringatan detik-detik proklamasi yang berlangsung secara virtual di Istana Negara. Seperti tahun sebelumnya, diseluruh penjuru Kota JAMBI, baik diseluruh persimpangan, mal, pasar, terminal dan lokasi publik lainnya, turut pula berhenti sejenak pada pukul 10.17 Wib untuk bersama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

BACA JUGA:Pembunuh KY Tak Kunjung Terungkap, Perempuan KAMMI Jambi Gelar Aksi Solidaritas di Depan Kantor Gubernur

BACA JUGA:Kapolda Metro Jaya Fadil Imran Terseret Kasus Brigadir J, Buntut Berpelukan dengan Ferdy Sambo

Rangkaian acara peringatan Detik-detik Proklamasi diakhiri dengan penyerahan Santunan Tali Asih dari Pemerintah Kota Jambi kepada veteran dan janda veteran. Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin Pemkot Jambi dalam setiap peringatan hari kemerdekaan Indonesia setiap tahunnya. Tidak hanya itu, para pejuang veteran tersebut juga dijamu makan siang bersama Wali Kota, Forkompimda dan jajaran Pemkot Jambi.

Sementara pada sore harinya upacara penurunan Sang Merah Putih yang dipimpin oleh Inspektur Upacara Dandim 0415 Jambi, Kolonel Inf. Marsal Denny, juga berlangsung khidmat dan sukses. Dihari yang sama pula, rangkaian akhir peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, Pemkot turut pula menggelar Resepsi Kenegaraan yang berlangsung di Griya Mayang Rumah Dinas Wali Kota Jambi. Acara yang dilaksanakan sebagai wujuds syukur atas nikmat kemerdekaan Indonesia itu juga dihadiri unsur Forkompimda, jajaran Pemerintah Kota Jambi, petugas, pelaksana dan perangkat upacara serta para anggota Paskibraka, termasuk pembina dan pelatih.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha miliki harapan khusus yang disampaikannya pada perayaan Proklamasi Kemerdekaan RI tahun ini. Ia berharap kondisi masyarakat terus membaik, seiring makin terkendalinya penanganan Covid-19 di Indonesia dan Kota Jambi.

"Pada peringatan ulang tahun Kemerdekaan Indonesia tahun ini, saya sebagai pribadi memiliki harapan khusus agar kondisi sosial dan kesejahteraan masyarakat kembali pulih dan meningkat. Sesuai dengan tema perayaan tahun ini, pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, cocok dengan semangat era transisi pandemi. Mohon doa dan dukungan masyarakat, semoga pemulihan ekonomi di Kota Jambi berlangsung cepat untuk kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

BACA JUGA:Harga Emas Terjun Bebas! Simak Nih Daftar Emas Antam 18 Agustus 2022, Jadi Segini Bun

BACA JUGA:Ramalan Karier Berdasarkan Zodiak, Cancer, Anda Akan Melalui Masa Sulit Sehubungan Dengan Karir

Senada dengan Wali Kota Jambi, Wawako Maulana turut pula mengajak masyarakat untuk terus menjaga suasana kondusif di Kota Jambi.

"Kami mengapresiasi masyarakat Kota Jambi yang harmoni dan cinta damai. Kami berharap kondisi ini dipertahankan dipelihara, keamanan kamtibmas dan lainnya. Kondisi kondusif sangat kita perlukan untuk membangun Kota Jambi, terlebih kita sedang berupaya memulihkan kondisi sosial masyarakat di masa pandemi ini," Sebut Maulana.

Sementara itu H. Kholil Ketua LVRI Kota Jambi, mewakili seluruh veteran pejuang, menyampaikan apresiasinya atas perhatian yang terus diberikan oleh Wali Kota beserta jajaran Pemkot Jambi selama ini.

"Kami ucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh Bapak Wali Kota, Bapak Wakil Wali Kota, beserta seluruh jajaran Pemerintah Kota Jambi kepada kami para veteran, janda veteran dan keluarga veteran. Kami tidak pernah merasa dilupakan dan terus dilibatkan dalam acara resmi kenegaraan. Setiap tahun kami juga selalu di beri santunan. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian pemimpin Kota Jambi, semoga dibalas dengan kebaikan dan kekuatan melanjutkan perjuangan kami membangun Kota Jambi," harapnya.(zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: