Pergelaran Lesung Luci Sukses, Teater Tonggak Apresiasi TBJ, Media dan Semua Pihak

Pergelaran Lesung Luci Sukses, Teater Tonggak Apresiasi TBJ, Media dan Semua Pihak

Pergelaran Lesung Luci Sukses-Ist/jambi-independent -

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Sukses pergelaran ‘Lesung Luci’ karya Didin Siroz pada Senin 15 Agustus 2022. Teater Tonggak apresiasi Pemerintah provinsi JAMBI Dinas Kebudayaan dan pariwisata UPTD Taman Budaya JAMBI (TBJ) serta semua pihak yang telah mendukung.

"Saya selaku pimpinan produksi dan sekretaris Teater Tonggak mewakili ketua, menyampaikan apresiasi atas dukungan Dinas Kebudayaan dan pariwisata UPTD Taman Budaya Jambi, rekan-rekan media, sanggar atau komunitas seni serta semua pihak atas kesuksesan pergelaran Lesung Luci," ujar Hendry Nursal, Senin, 15 Agustus 2022 malam, seusai pergelaran di gedung teater Arena TBJ.

Menurut Hendry yang notabene juga Ketua Pelaku Teater Indonesia (PTI) Korda Provinsi Jambi, Betapapun kecilnya sebuah peristiwa budaya muncul dipermukaan, tetapi tetap menjadi sebuah jejak sejarah dalam proses kontinuitas dinamisasi kebudayaaan.

"Semoga, pergelaran “LESUNG LUCI” dari teater tonggak Jambi ini mampu meneruskan usaha pencarian ekspresi teater yang tak pernah luntur dan dapat menginformasikan pesan moral serta budaya kepada masyarakat luas. Pergelaran berjudul “LESUNG LUCI” Berbicara tentang kondisi sosial kemasyarakatan yang semakin materialis, individualis, dan konsumeritis. Oleh karena itu, dukungan yang diberikan oleh semua pihak dalam bentuk apapun akan menjadi pemacu adrenalin tersendiri bagi kami serta kami hargai sebagai dorongan aktif dalam sebuah peristiwa budaya," beber Hendry.

BACA JUGA:Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan di Merangin Sepi, Anggota Dewan Banyak Tak Hadir 

BACA JUGA:Wow...Ternyata Segini Harga Mobil Ibu Pengutil Cokelat di Alfamart, Bikin Tepok Jidat

Disamping itu, Teater Tonggak menjadikan Pergelaran berjudul “Lesung Luci” sebagai ajang silaturahmi dan komunikasi para seniman dengan masyarakat, sehingga dapat meningkatkan nilai-nilai persaudaraan. Serta ingin Meningkatkan rasa peduli terhadap sesama, memberikan semangat tersendiri.

"Karya LESUNG LUCI, mengisyaratkan pesan dengan tujuan dapat Meningkatkan kepedulian Siswa dan Pelajar Kota Jambi terhadap seni dan budaya di Jambi termasuk kalangan masyarakat umum. Meningkatkan Kesadaran terhadap seni dan budaya lokal yang ada serta mendorong untuk menciptakan kekaryaan. lalu mengajak pemerintah daerah, para pemegang kebijakan beserta para pengusaha khususnya di Provinsi Jambi untuk turut peduli akan perkembangan kekayaan seni dan budaya lokal, dan berharap kegiatan ini dapat memberikan pencerahan dan pembelajaran batin melalui karya seni," harap Hendry Nursal.

Lesung Luci mendapat perhatian dan memenuhi syarat karya pengolahan yang dilaksanakan Taman Budaya Jambi, didukung penuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Dirjen Kebudyaan dalam bingkai Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Lesung Luci dari Teater Tonggak memenuhi persyaratan tema dan telah melalui proses kurasi dari para kurator. Sesuai kesepakatan kami, bahwa tahun 2022 semua karya eksperimentasi, pengolahan dan Apresiasi yang akan difasilitasi Taman Budaya Jambi wajib bertema Upacara,” terang Eri Argawan, kepala Taman Budaya Jambi.

BACA JUGA:Sambut HUT RI, Honda Sinar Sentosa Jambi Berikan Promo Khusus, Beli Motor Honda Banyak Diskonnya 

BACA JUGA:Alami Masalah Saraf Terjepit, Ashanty Bakal Lakukan Prosedur Ini

“Inilah program pengembangan seni tradisional, kegiatan pembinaan kesenian yang masyarakatnya pelaku lintas daerah kabupaten/kota pada sub kegiatan peningkatan kapasitas tata kelola lembaga kesenian tradisional dan sub kegiatan peningkatan pendidikan dan pelatihan SDM kesenian tradisional,” tandas Eri Argawan.

Lesung Luci

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: