Dosen Unja Adakan Pelatihan Bahasa Inggris, Di Pondok Pesantren Modern Darul Qiyam Kerinci

Dosen Unja Adakan Pelatihan Bahasa Inggris, Di Pondok Pesantren Modern Darul Qiyam Kerinci

Foto bersama Dosen Prodi Bahasan Inggris Unja bersama santri saat pengabdian masyarakat di Pondok Pesantren Darul Qiyam Kerinci.//-ist-jambiindependent.disway.id

KERINCI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan pengabdian masyarakat dengan mengadakan Pelatihan Bahasa Inggris Santri di Pondok Pesantren Modern Darul Qiyam Kabupaten Kerinci.

Pondok Pesantren Modern Darul Qiyam terletak di Desa Koto Petai Kecamatan Tanco, Kabupaten Kerinci. Pondok ini berlokasi di pinggir Danau Kerinci tepatnya di perbatasan antara desa Koto Petai dan Ujung Pasir.

Aspek pendidikan yang lainnya masih sangat terbatas termasuk pengembangan bahasa asing terutama bahasa inggris para santri masih sangat terbatas. Dalam era globalisasi saat ini, kemampuan bahasa inggris merupakan kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh semua generasi muda termasuk santri.

Hasil observasi yang telah dilakukan memberikan informasi awal bahwa para santri pada dasarnya memiliki antusiaisme yang tinggi untuk belajar bahasa inggris.

BACA JUGA:AHM Pasarkan Motor Ikonik Honda ST125 Dax Untuk Berkendara Santai

BACA JUGA:Audiensi dengan Gubernur Jambi, PHRI Sampaikan Hal Ini

Dengan demikian, Pondok Pesantren Modern Darul Qiyam Kerinci sangat memerlukan pendampingan baik dalam pelatihan bahasa inggris kepada santri maupun pengembangan pembelajaran bahasa inggris bagi pengurus pondok.

Maka dari itu Tim Pengabdian Dosen UNJA yang diketuai oleh Habizar,S Pd MSEL dan didampingi oleh Abdul Muid, S Pd I, M Pd sebagai anggota beserta mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Jambi melakukan pelatihan berbahasa Inggris dengan mengambil tema ‘’Motivasi Pembelajaran Dan Percakapan Bahasa Inggris Melalui Media Film Dengan Metode Dubbing Dan Subtitling Di Pondok Pesantren Modern Darul Qiyam Kerinci’ bagi santri.

“Pelatihan ini merupakan wujud dari tridharma perguruan tinggi untuk mengembangkan potensi masyarakat khususnya para santri di Pondok Pesantren Modern Darul Qiyam dalam menghadapi era globalisasi sekarang ini yang memerlukan keterampilah dasar yaitu kemampuan berbahasa Inggris” ujar Habizar.

Pimpinan Pondok Pesantren Modern Darul Qiyam Kabupaten Kerinci, H Ahmad Rais, M Pd I menyambut antusias kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh TIM Pengabdian Dosen dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Jambi ini.

BACA JUGA:Bupati Ikut Donor darah Di Acara HUT Bhayangkara

BACA JUGA:Polres Kerinci Dikabarkan Garap Kegiatan Bimtek Kades Kerinci

“Kami merasa senang dan bangga kedatangan para dosen dari Universitas Jambi yang melaksanakan Kegiatan Pelatihan berbahasa Inggris bagi santri-santri kami, pelatihan ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan kompetensi berbahasa Inggris bagi santri dan juga sebagai wahana untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa di Pondok Pesantren Modern Darul Qiyam ini kami memfokuskan penguasaan bahasa Inggris dan bahasa Arab sebagai bahasa harian mereka," bebernya.

"Kedepan kami berharap adanya pelatihan-pelatihan berikutnya untuk pengembangan Pondok ini baik bagi santri maupun para pembina atau para pengajar (asatidz),” ujarnya. (*/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: