Siswa di Kota Jambi Diimbau Bawa Alat Makan Sendiri, Kepala SMPN 18 Kota Jambi Sampaikan Ini

Siswa di Kota Jambi Diimbau Bawa Alat Makan Sendiri, Kepala SMPN 18 Kota Jambi Sampaikan Ini

Pihak sekolah saat memberikan arahan kepada siswa baru.--

JAMBIJAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Tak hanya siswa baru, namun orang tua siswa baru di SMPN 18 Kota Jambi mendapat pengarahan dari pihak sekolah terkait aturan kantin sekolah.

Di mana, di tahun ajaran baru ini pemerintah meminta agar para siswa dapat membawa tempat makan dan alat makan sendiri.

Dari imbauan tersebut, pihak sekolah pun sangat setuju. Ini dikatakan Kepala SMPN 18 Kota Jambi, Rosniati

"Kita sudah beri pengarahan kepada orangtua, bahwa kantin boleh dibuka dengan syarat siswa disuruh bawa piring, sendok atau peralatan makan. Tidak lagi seperti biasa. Ini kita minta orang tua untuk tolong ingatkan anaknya. Boleh bawa bekal, air minum, bawa gelas dari rumah," kata Rosniati. 

BACA JUGA:Nahkoda Menghilang, Detik-Detik Perahu di Probolinggo Dihantam Ombak Tenggelam 

BACA JUGA:Kuasa Hukum Brigadir Yosua Datangi Bareskrim Polri, Buat Laporan Dugaan Pembunuhan Terencana

Kepada pengurus kantin pun, kata dia sudah diminta untuk menjual makanan sehat dan menjaga kebersihan. "Sudah diingatkan, kalau kantin sudah mulai dibuka jangan menjual makanan tidak sehat," ujarnya.

Selain itu, terkait akan ada pengawasan dan uji sampel dari Badan POM, ia juga mengaku sangat setuju, demi siswa.

"Kalau anak sehat, pikiran juga terbuka sehat, menerima ilmu juga enak. Lingkungan bersih, indah, yang berada di dalam sekolah akan membuat nyaman dan betah dan lebih mudah dalam menerima informasi yang diberikan guru," tandasnya.

Sebelumnya, diketahui bahwa Wali Kota Jambi Syarif Fasha mengatakan, pasca PPDB mendatang Pemkot Jambi lebih teliti soal kebersihan siswa. Di mana, peserta didik diminta untuk membawa tempat makan sendiri. 

BACA JUGA:Kementan Sebut Vaksin PMK Efektif Untuk Kekebalan Tubuh Hewan 

BACA JUGA:IMF Yakin Indonesia Mampu Terhindar Dari Resesi : Pertumbuhan Ekonomi Sehat

Kata dia, pihaknya sudah menginstruksikan kepala sekolah membuat simulasi dan teknis untuk kegiatan sekolah full di tahun ajaran baru.

Di kantin, menurut wali kota dua periode ini akan diseleksi petugas yang mampu melaksanakan tipe dan teknis terbaru dalam pelaksanaannya.

"Sekolah di tahun ajaran baru mendatang, kantin akan dibuka kembali. Namun, petugas kantin akan sangat diseleksi. Sebab dalam teknis terbaru ini sekolah tidak boleh ada sampah-sampah," katanya.

Untuk menghindari Covid-19 dan sampah itulah, pihaknya melalui Disdik nantinya mengimbau anak-anak membawa tempat makan dan minum sendiri. 

BACA JUGA:Warga Bedeng 8 Kerinci Diduga Diculik dan Dirampok OTK, Lalu Diturunkan di Merangin 

BACA JUGA:China Diterjang Banjir Bandang, Ribuan Warga Dievaluasi

"Nanti sekolah akan menyiapkan dispenser minum. Kantin juga tidak boleh menyiapkan wadah dalam bentuk plastik. Silakan siapkan makanan murid di tempat makannya sendiri," kata dia.

Namun, saat ini kata dia hal tersebut tengah dikomunikasikan dengan dinas terkait. Sementara itu, Ratna salah satu wali murid di sekolah dasar dalam Kota Jambi menyambut baik hal ini. Menurutnya dengan diseragamkan dalam satu sekolah membawa bekal, dapat membuat anak-anak lebih semangat membawa tempat makan dan minum sendiri.

"Kalau selama ini mungkin bawa bekal sendiri agak malu. Karena yang lain tidak. Tapi kalau sudah jadi ketentuan kan, artinya anak-anak harus mau, dan semuanya membawa. Lebih bagus sih," kata dia.(tav/zen)

 
 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: