Jadi Kunci Kebangkitan Perekonomian, Sandiaga Uno Dorong Ekonomi Kreatif

Jadi Kunci Kebangkitan Perekonomian, Sandiaga Uno Dorong Ekonomi Kreatif

Sandiaga Uno. Foto : jpnn.com--

JAKARTA,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno terus mendorong sektor pariwisata.
 
Sandiaga optimistis sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat terus berkembang menjadi kunci kebangkitan ekonomi nasional.
 
Menurutnya pelaku ekonomi kreatif perlu didorong untuk gencar berinovasi dan meningkatkan kualitas.
 
“Pariwisata kembali menggeliat, pelaku kreatif juga semakin terbuka pasarnya, ekonomi masyarakat dapat terus bergerak” ucapnya.
 
 
 
Hal tersebut disampaikan Sandiaga menghadiri program Kelana Nusantara di Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Sabtu 25 Juni 2022.
 
"Setiap kabupaten/kota nantinya akan menyepakati subsektor ekonomi kreatif unggulan daerahnya, dan kemudian saling berjejaring dengan kabupaten/kota lainnya", ujar Sandiaga Uno.
 
Kota Mataram juga telah dilaksanakan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Pelaku Ekraf di tahun 2021, berlanjut pelaksanaan uji petik di Kota Mataram pada Maret 2022 dengan hasil kuliner ditetapkan sebagai subsektor unggulan daerah.
 
Kemenparekraf, kata Sandiaga Uno, mengapresiasi partisipasi dari pemerintah daerah serta para pihak terkait yang telah berkolaborasi untuk mengembangkan kreatifitasnya.
 
Program yang berpihak kepada UMKM ini menggunakan pendekatan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi, sekaligus sebagai upaya untuk menghidupkan kembali semangat berkarya yang sempat redup dikarenakan kondisi Pandemi Covid-19.
 
Kita harus bergegas selesaikan tugas dan kita harus bergerak, bergerak, dan bergerak bangkit untuk menyesuaikan diri, terus aktif, berbagi inovasi bagi para entrepreneur untuk bisa terus membuka lapangan pekerjaan,” jelas Sandiaga Uno.
 
Sandiaga berharap dengan mengambil pelajaran dari pandemi seperti kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan keberlanjutan lingkungan, para pelaku ekonomi kreatif, termasuk yang ada di Lombok bisa mensejahterakan masyarakat.
 
 
 
“Krisis ini dipicu oleh Covid tapi krisis ini justru menghadirkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dengan semangat 3G (Gercep, Geber, Gas Pol) untuk membuka peluang usaha,” tambahnya.
 
Sandiaga menuturkan UMKM mampu menjadi kunci pemulihan ekonomi nasional dan menjawab tantangan kemandirian ekonomi di masa pandemi.
 
Kunci suksesnya inovatif, berani ambil resiko, adaptif, miliki soft skill dengan reskilling dan upskilling. Dan yang paling penting etos kerja 4AS (Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas, dan Kerja Ikhlas)
 
Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu berharap Kelana Nusantara bisa dimanfaatkan oleh pelaku ekonomi kreatif, pemilik UMKM untuk mewujudkan idenya seperti dikutip dari jpnn.com.
 
“Ayo sama-sama kita bangkit, pastikan ekonomi kita bergulir, para pengusaha semua memberikan kontribusi, dan kita harus bersatu padu," kata Sandiaga Uno. (viz

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: