Koperasi Diminta Terus Berinovasi Dalam Bidang Teknologi Agar Mampu Meningkatkan Kapasitasnya

Koperasi Diminta Terus Berinovasi Dalam Bidang Teknologi Agar Mampu Meningkatkan Kapasitasnya

Inovasi teknologi dinilai mampu meningkatkan kapasitas koperasi. Foto : jpnn.com--

JAKARTA,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-Layanan dan manfaat koperasi dinilai tidak kalah dengan Bank. Namun saat ini bank lebih banyak digunakan masyarakat dibandingkan koperasi.
 
Bahkan menurut Ketua Koperasi Hartanah Makmur Sentosa Johny Gunawan bahwa kehadiran bank membuat koperasi perlahan mulai ditinggalkan.
 
Menurutnya, koperasi harus mulai berinovasi melalui teknologi agar tetap diminati masyarakat.
 
Oleh karena itu, Koperasi Hartanah makin serius dalam memperkenalkan manfaat koperasi kepada masyarakat Indonesia.
 
 
 
Padahal, kata dia, koperasi juga memiliki berbagai layanan yang tidak kalah bermanfaat dari bank.
 
"Misalnya saja tidak adanya biaya administrasi, persyaratan pengajuan pinjaman lebih mudah dan dapat meningkatkan pendapatan melalui unit usaha koperasi," ucap Johny dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin 20 Juni 2022.
 
Beberapa strategi itu seperti, Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2021, di mana hal itu merupakan wujud pertanggungjawaban pengurus dan pengawas sebuah koperasi kepada seluruh anggotanya.
 
“Sebagai bentuk komitmen kami kepada seluruh anggota, laporan keuangan kami diperiksa auditor akuntan publik ternama dan terpercaya sesuai Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU-0005890.AH.01.26.TAHUN 2020,” kata Johny Gunawan.
 
RAT Koperasi Hartanah kali ini mengangkat tema Kebangkitan Koperasi Indonesia agar tetap bisa hadir di tengah masyarakat agar modernisasi koperasi dapat terwujud.
 
Dengan begitu koperasi bisa bangkit dan memantapkan kembali perannya dalam mendorong perekonomian dan meningkatkan kembali citra koperasi di masyarakat," ungkapnya.
 
Koperasi Hartanah juga memberikan bantuan peralatan dagang kepada UMKM yang dibina oleh Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UKM Jakarta Barat yang hadir di RAT.
 
"Kemajuan koperasi tidak lepas dari sinergi kerjasama pengurus, pengawas dan seluruh anggota koperasi," kata Johny.
 
 
 
Dia menegaskan koperasi selama ini telah memberikan sumbangsih besar untuk perekonomian negeri. Koperasi dapat membangun serta mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi masyarakat sehingga para anggota dapat hidup lebih sejahtera seperti dikutip dari jpnn.com.
 
“Banyak manfaat yang bisa didapat lewat koperasi seperti koperasi dapat menampung simpanan para anggota, menyalurkan pinjaman, menyediakan barang – barang kebutuhan pokok anggota, membeli dan memasarkan barang produksi anggota serta layanan – layanan lainnya,” terang Johny Gunawan. (viz)
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: