Wisata Kembali Pulih, Kunjungan Wisman Meningkat Hampir 500 Persen

Wisata Kembali Pulih, Kunjungan Wisman Meningkat Hampir 500 Persen

Pariwisata kembali bangkit, tingkat hunian wisman meningkat. Foto : jpnn.com--

JAKARTA,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID -Pendemi covid 19 sudah hampir berakhir. Aktivitas pariwisatapun kembali normal. Hal inipun berpengaruh terhadap tingkat hunian hotel ataupun wisman.
 
Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan Badan Pusat Statistik mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia meningkat pesat.
 
"Jumlah kunjungan wisman pada April 2022 tercatat sebesar 111,06 ribu," ujarnya.
 
 
 
 "Jumlah tersebut naik signifikan dibanding Maret 2022, yakni 40,8 ribu atau meningkat 172,27 persen secara month-to-month (mom).
 
Menurut Margo, meningkatnya jumlah wisatawan ke dalam negeri menunjukkan sektor pariwisata mulai pulih dan membaik seiring dengan penanganan pandemi dalam negeri dan secara internasional. 
 
Artinya, dengan peningkatan tersebut jumlah kunjungan wisman dari awal tahun hingga April 2022 tercatat 185,44 ribu kunjungan.
 
"Ini meningkat 350,09 persen bila dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya," ungkap Margo.
 
Kemudian, jika bandingkan dengan April 2021 sebesar 18,5 ribu kunjungan, jumlah wisman yang datang ke Indonesia meroket hampir 500 persen year-on-year (yoy).
 
 
 
"Jumlah kunjungan wisman meningkat signifikan, bahkan yang tertinggi sejak awal pandemi, yakni 499,01 persen yoy,” ujar Margo dalam konferensi pers, Kamis 2 Juni 2022.
 
Margo berharap kondisi itu terus bertahan dan geliat pariwisata makin meningkat seperti dikutip dari jpnn.com.
 
"Sektor pariwisata ini memberi efek multiplier yang besar kepada Indonesia sehingga bila sektor pariwisata meningkat maka pertumbuhan ekonomi Indonesia ikut pulih," tutup Margo. (viz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: