Ade Ambone, dari Artis Jadi Pegiat Budaya, Bagikan Sejarah lewat Kanal Youtube

Ade Ambone, dari Artis Jadi Pegiat Budaya, Bagikan Sejarah lewat Kanal Youtube

Ade Ambone--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, - PERJALANAN hidup seseorang memang tidak ada yang tahu. Seperti kisah Ade Ambone, yang dahulu dikenal sebagai artis Minang. Kini ia justru menyibukkan waktunya untuk menjadi pegiat budaya.

Kecintaannya pada sejarah bangsa, membuat Ade Ambone terus menggali sejarah, khususnya di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi tempat dimana ia beserta anak dan istrinya kini menetap.

Lewat akun YouTube Siginjai 99, ia membagikan setiap sejarah yang baru ia temui. Menurutnya, menggali sejarah Kabupaten Batanghari sebagai kabupaten tertua di Jambi, adalah suatu keharusan yang dapat diwariskan kepada muda-mudi.

"Saat ini tidak banyak yang mau melek sejarah. Kalau ada yang mengexplore, bisa diketahui muda-mudi sekarang ini," ujar bapak dua anak ini.

BACA JUGA:Ini Pesan Anies Baswedan Saat Bekali Pelaku UMKM untuk Formula E

BACA JUGA:Ini Spesifikasi Kawasaki W175 2023, Dibanderol Harga Rp 30 Jutaan

Ade pun tak menyangka, rupanya sejarah yang ia eksplore dengan masuk hutan naik bukit di setiap kesempatan, ternyata diterima oleh masyarakat. Baik muda, maupun tua.

Ini terbukti dengan berkembangnya channel YouTube yang ia jadikan sebagai wadah untuk menyebarluaskan informasi mengenai sejarah tersebut.

Namun, diakuinya channel tersebut tak dimanfaatkan untuk menunjang finansial. Sebab, niat utamanya ialah untuk wadah edukasi bagi masyarakat Batanghari, dan Provinsi Jambi, atau siapa saja yang berminat dengan sejarah di kabupaten tersebut.

"Tidak hanya dari warganet, tetapi dukungan juga dari masyarakat sekitar. Sebelum diekspolre, ada yang tidak tahu bahwa Batanghari merupakan kabupaten tertua di Jambi. Setelah ditelusuri, menjadi tahu, dan ada suatu kebanggaan di sana," ujar pemilik nama Afrizal J Tousita ini.

BACA JUGA:Ponpes Al Hidayah Jambi Fasilitasi Santri Berkuda

BACA JUGA:Telkomsel Hadirkan Platform tSurvey.id, Buka Peluang Riset Digital Inovatif Mudah, Cepat, dan Akurat

Kepiawaian Ade Ambone dalam menelusuri sejarah yang ada, selain karena keingintahuannya terhadap sejarah, juga lantaran ia merupakan seorang jurnalis di salah satu media online di Jambi.

Ternyata, setelah tak lagi jadi 'artis minang', pria berdarah Ambon ini memutuskan untuk berkarir sebagai kuli tinta dan jadi pegiat budaya.


Hingga kini, ia masih rutin menelusuri sejarah-sejarah yang ada, dan diceritakannya dalam sebuah video.

Mengapa tak lagi jadi artis? Saat ditanyai oleh Jambi Independent, mengapa tak lagi jadi artis minang, Ade Ambone tampak terkekeh.

"Waduh, berat sekali, artis," ujarnya sambil tertawa.

Namun, keputusannya itu bukanlah tanpa alasan. Ade Ambone yang sudah dikenal seantero Minang dengan suara khasnya, dan lagu-lagunya yang akrab itu, punya alasan tertentu.

BACA JUGA:Begini Kronologis Penjaga Gudang Tusuk Preman dengan Obeng Karena Dipalak dan Dikeroyok

BACA JUGA:Banyak Fitur Baru, Suzuki Akan Lakukan Penyegaran Pada Mobil Van Ini

Di antaranya, ingin dekat dengan keluarga. Sebab, sejak ia berkarir di dunia entertainment, ia menetap di Padang, sementara istri dan buah hatinya berada di Tembesi, Batanghari, Provinsi Jambi.

"Jadi awalnya sering bolak-balik, Padang-Tembesi. Akhirnya memutuskan untuk hijrah saja dan menetap di Tembesi," katanya.



Meski bernyanyi adalah dunianya, namun awal mula pindah ke Tembesi, Ade Ambone justru tak mulai mengembangkan bakatnya itu. Ia mulanya berjualan minuman di Pasar Baru.

"Saat berjualan itu, ada pembeli yang bilang "Loh, ini kan penyanyi Pria Pengganti, kok jualan di sini?," ujar Ade Ambone saat diwawancara.

Ya. Lagu Pria Pengganti, merupakan salah satu albumnya. Selain lagu itu, lagu Why Dont You Say Love, salah satu lagu yang membuat namanya semakin dikenal. Lantaran mampu mendobrak pasar Minang pada saat itu.

BACA JUGA:Lagi Bikin Kolam Renang, Tiba-tiba Air Menyembur Deras dari Tanah

BACA JUGA:Anggap Pertanda Baik, Warga Pakai Semburan Air di Rumah Acik Bilal untuk Cuci Muka dan Mandi

"Itu kan lagu bahasa Indonesia ciptaan saya, lalu diterjemahkan, yang artinya Mengapa Tak Katakan Cinta," kata dia.

Saat itu, menurutnya salah satu permulaan ada gebrakan bagi industri musik di Sumbar.

"Lagu pop Indonesia direkam di Sumbar, tapi jadi lagu yang menggebrak industri Sumbar, karena berani mengeluarkan lagu bahasa inggris," ujarnya.

Meski tak lagi menggeluti dunia entertainment, namun Ade Ambon tetap menunjukkan kebolehan menyanyinya lewat iringan musik band-band lokal Jambi. (tav/enn)


BIODATA

Nama             : Afrizal J Toisuta
Nama Artis         : Ade Ambone
Tmpt/Tanggal Lahir     : Padang, 8 April 1968
Istri             : Masneti, S.Pd

Anak :

1. Jonatan Geraldo A Toisuta
2. Amadea Dwihelmina A Toisuta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: