Saat Maag Menyerang Inilah, Hal-Hal yang Bisa Dilakukan

Saat Maag Menyerang Inilah, Hal-Hal yang Bisa Dilakukan

Ilustrasi Sakit Maag--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-Jika Anda menderita maag, Anda perlu menghindari makanan atau obat-obatan yang akan memperburuk kondisi Anda. Sebelum Anda meraih obat penghilang rasa sakit saat Anda kesakitan, pastikan Anda membaca ini terlebih dahulu.

Obat penghilang rasa sakit bekerja dengan menghalangi efek bahan kimia rasa sakit ini. Masalahnya adalah Anda tidak dapat memfokuskan sebagian besar pereda nyeri secara khusus pada sakit kepala atau punggung yang sakit. Sebaliknya, ia berjalan melalui seluruh tubuh Anda. Ini dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak terduga.

Bahan kimia yang sama yang memperkuat rasa sakit, yang diblokir oleh beberapa obat pereda nyeri, juga membantu menjaga lapisan pelindung lambung dan usus. Ketika obat penghilang rasa sakit menghentikan bahan kimia ini bekerja, saluran pencernaan menjadi lebih rentan terhadap kerusakan dari asam lambung.

Penyebab Maag
Penyakit tukak lambung paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebut Helicobacter pylori. Bakteri ini duduk di bawah permukaan lambung dan bagian pertama usus. Jika Anda belum diuji untuk infeksi ini, ini harus menjadi langkah pertama Anda. Mengobati infeksi ini dengan antibiotik dan penghambat asam akan mengurangi risiko pendarahan ulkus di masa depan. Penyebab paling umum kedua penyakit ulkus peptikum adalah dari penggunaan aspirin dan obat antiinflamasi nonsteroid, NSAID. Dua NSAID yang tersedia tanpa resep (artinya tidak memerlukan resep dari dokter) adalah:

BACA JUGA:Sri Mulyani Pasang Kuda-Kuda, Ada Sinyal Kuat Suku Bunga Bakal Naik

BACA JUGA:7 Alasan Mengapa Anda Harus Mengurangi Konsumsi Roti

Jika Anda menderita maag, penggunaan NSAID ini bisa berbahaya dan berpotensi mengancam jiwa. Pereda nyeri non-NSAID, seperti asetaminofen, mungkin merupakan pilihan yang lebih aman. Dokter Anda juga dapat merekomendasikan alternatif yang tepat.

Jika Anda perlu menggunakan NSAID, selalu bawa dengan susu atau makanan untuk meringankan perut Anda. Untuk mencegah masalah, dokter Anda mungkin merekomendasikan:

Cari Gejalanya
Jika Anda harus mengonsumsi NSAID, ketahui gejala masalahnya. Jika Anda mengalami peningkatan sakit perut, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, tinja berwarna gelap, penurunan berat badan atau kelelahan, segera periksakan.

Hindari Alkohol
Kebanyakan pereda nyeri tidak bercampur dengan alkohol. Jika Anda mengonsumsi NSAID, termasuk aspirin, hanya satu gelas seminggu dapat meningkatkan risiko pendarahan gastrointestinal. Orang yang minum tiga kali atau lebih sehari tidak boleh menggunakan obat-obatan ini. Menggabungkan asetaminofen dan alkohol dapat meningkatkan risiko kerusakan hati.

BACA JUGA:Korsleting Listrik ke Freezer Jadi Penyebab Peristiwa Kebakaran di Pallmerah

BACA JUGA:Disiapkan untuk Qurban, Tiga Sapi Warga Raib Dicuri

Gunakan Sesuai Petunjuk
Ikuti petunjuk untuk dosis yang dianjurkan. Kebanyakan obat penghilang rasa sakit tidak boleh digunakan lebih dari 10 hari. Jika Anda masih kesakitan pada saat itu, temui penyedia layanan kesehatan Anda.

Baca Sisipan Paket
Akui saja: Saat Anda membeli sebotol pereda nyeri yang dijual bebas, Anda mungkin membuang sisipan yang dicetak bersama dengan kotak kosongnya. Tetapi Anda benar-benar harus membiasakan diri membacanya. Cari tahu apa efek samping yang harus Anda cari. Lihatlah daftar kemungkinan interaksi obat atau minta apoteker atau dokter Anda untuk membahasnya bersama Anda.

Baca Bahan Semua Obat-Obatan
Obat penghilang rasa sakit seperti aspirin, asetaminofen, dan ibuprofen dapat muncul di tempat yang paling tidak mungkin. Misalnya, banyak obat flu yang dijual bebas juga mengandung dosis pereda nyeri. Jadi pastikan Anda tahu apa yang Anda dapatkan.

Bahkan beberapa antasida mengandung aspirin, yang bisa menjadi risiko khusus bagi penderita maag
Beri tahu dokter Anda tentang semua obat-obatan, herbal, dan suplemen yang Anda gunakan.

BACA JUGA:Kejiwaan Ibu Tiri Penganiaya Anak Dipastikan Baik, Kasus Berlanjut

BACA JUGA:Bandar Sabu di Bungo Ditangkap Saat Hendak Bertransaksi

Interaksi adalah bahaya nyata. Misalnya, mengonsumsi NSAID bersama dengan beberapa obat umum, seperti beberapa kortikosteroid dan pengencer darah dapat meningkatkan risiko bagi penderita maag.

Dokter Anda perlu tahu tentang semua obat yang Anda minum sebelum Anda meresepkan obat baru. Jangan lupa untuk menyebutkan obat bebas, obat herbal, dan vitamin. Bawalah daftar semua obat dan suplemen yang Anda konsumsi ke dokter. Itu benar-benar bisa menyelamatkan hidup Anda."(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: