6 Obat Keracunan Makanan dengan Bahan Alami, Efektif Redakan Gejala

6 Obat Keracunan Makanan dengan Bahan Alami, Efektif Redakan Gejala

Jahe-Pixabay-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID- Keracunan makanan biasanya terjadi ketika patogen mencemari makanan atau air minum. Meskipun tidak nyaman, keracunan makanan relatif umum terjadi.

Keracunan makanan adalah penyakit yang Anda dapatkan dari makan makanan yang mengandung bakteri, virus, atau parasit di dalamnya. Gejala dapat mulai berjam-jam, berhari-hari, atau berminggu-minggu setelah konsumsi — tergantung pada jenis infeksi

Menyantap makanan jalanan terkadang dapat menyebabkan keracunan makanan. Daripada segera bergegas ke dokter Anda, serbu dapur Anda untuk memulai perawatan Anda di rumah.
Bawang Putih

Sifat antivirus, antibakteri, dan antijamurnya meredakan gejala seperti diare dan sakit perut. Hisap siung bawang putih segar dan lanjutkan dengan segelas air hangat. Sebagai alternatif, Anda bisa merebus air bersama dengan beberapa siung bawang putih dan menyesapnya sepanjang hari.

BACA JUGA:5 Tanda Anda Terlalu Banyak Konsumsi Garam

BACA JUGA:5 Tips Membicarakan Keuangan Bersama Pasangan Sebelum Menikah

Air Lemon
Lemon membantu menyingkirkan bakteri yang merusak perut Anda, berkat sifat asamnya. Untuk membersihkan sistem pencernaan Anda, tambahkan sejumput gula ke satu sendok teh jus lemon dan minum larutan ini dua hingga tiga kali sehari. Anda juga bisa memeras jus satu lemon utuh ke dalam segelas air hangat dan meminumnya sepanjang hari.

Madu
Dikenal karena sifat antibakteri dan antijamurnya, madu membantu menyembuhkan gangguan pencernaan bersama dengan gejala keracunan makanan lainnya. Nikmati satu sendok teh madu organik tiga kali sehari untuk mengontrol pembentukan asam berlebih, yang pada gilirannya akan membantu menyembuhkan sakit perut Anda.

Pisang
Karena diare dan muntah, Anda mungkin kehilangan kalium. Mengkonsumsi pisang matang akan membantu menjaga kadar kalium, sehingga memulihkan energi yang hilang. Anda juga bisa membuat banana shake dengan mencampurkan dua buah pisang dengan secangkir susu yang telah direbus dan didinginkan. Tambahkan sejumput kayu manis ke dalam shake ini dan konsumsilah tiga kali sehari.

Jeruk
Jus jeruk segar kaya akan mineral, vitamin dan nutrisi yang membantu mengembalikan tingkat tekanan darah tubuh Anda dalam kisaran normal. Haluskan enam sampai tujuh jeruk berukuran sedang dalam blender dan tambahkan dua sendok makan sirup pati jagung. Minum jus ini beberapa kali sehari untuk bantuan instan.

BACA JUGA:7 Makanan Ini Bantu Memperbanyak ASI, Produksi Jadi Meningkat!

BACA JUGA:Dewan Minta Pemerintah Capai Target Produksi Gula, Bisa Tekan Importasi Gula

Cuka Sari Apel (ACV)
Asam dalam cuka sari apel dapat membantu menenangkan peradangan di sepanjang lapisan gastrointestinal, memberikan bantuan segera. Campurkan dua sendok makan ACV dengan segelas air panas dan minum sebelum makan.

Tips lainnya
Penting untuk memberi istirahat pada perut Anda. Hindari makan makanan berat atau berminyak selama beberapa jam pertama, dan hindari produk susu, kafein, alkohol, dan nikotin.

Jaga diri Anda tetap terhidrasi dengan menyeruput air, minuman non-aerasi atau kaldu ayam dari waktu ke waktu. Secara bertahap, Anda bisa memanjakan diri dengan makanan ringan seperti biskuit kerupuk, pisang, atau bubur (bubur nasi). Berhenti makan jika mual Anda kembali.
Dan pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: