BPJS Kesehatan Sukseskan Vaksinasi Covid-19 di Tanjung Jabung Barat  

BPJS Kesehatan Sukseskan Vaksinasi Covid-19 di Tanjung Jabung Barat   

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, Jambi – Vaksinasi Covid-19 dilakukan pada lingkup Pemerintahan Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat (18/02). Dalam rangkaian kegiatan ini BPJS Kesehatan juga turut menjadi peserta yang mendapatkan vaksinasi, selain menyukseskan melalui pengelola administrasi vaksinasi Covid-19 dengan aplikasi Primary Care (P-Care) Vaksinasi. Vaksinasi yang dilakukan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat melibatkan 17 fasilitas kesehatan antara lain 1 RSUD dan 16 Puskesmas.

Charles M.M Tanjung selaku Kepala Kabupaten Tanjung Jabung Barat BPJS Kesehatan, menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang telah memberikan kesempatan kepada perwakilan BPJS Kesehatan untuk untuk menjadi salah satu penerima vaksin. Charles berharap kegiatan ini dapat memberikan kepercayaan kepada masyarakat luas untuk tidak khawatir ketika dilakukan vaksinasi, serta memberikan kepastian bahwa vaksinasi ini aman dan halal.

“BPJS Kesehatan akan selalu siap dan berupaya maksimal demi mendukung harapan bangsa termasuk dengan ikut melibatkan diri maupun berpartisipasi dalam menyukseskan program vaksinasi, sebelumnya BPJS Kesehatan dipercaya dalam pengelolaan administrasi peserta yang akan mendapatkan vaksin melalui aplikasi P-Care Vaksin, kini BPJS Kesehatan turut dipercaya sebagai salah satu peserta yang akan divaksin, ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kami," sebut Charles

Keikutsertaan BPJS Kesehatan sebagai penerima vaksin karena diberi rekomendasi langsung oleh Pemerintah Daerah sebagai penerima vaksin tahap pertama. Hal ini sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Daerah terhadap penyediaan aplikasi P-Care Vaksinasi yang diberikan oleh BPJS Kesehatan, sekaligus sebagai wujud partisipasi aktif perangkat daerah untuk menyukseskan kegiatan vaksinasi.

Andi Pada, M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang bertindak sebagai ketua tim dalam kegiatan vaksinasi tersebut mengatakan, tujuan kegiatan vaksinasi Covid -19 ini untuk mengurangi transmisi atau penularan Covid-19 khususnya di Wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, juga untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat dan melindungi dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

Disebutkan pula bahwa vaksinasi ini akan dilaksanakan dalam beberapa tahapan. Tahap kesatu untuk tenaga kesehatan dan asisten tenaga kesehatan serta perangkat daerah, tahap kedua untuk ASN, TNI, POLRI, aparat hukum, petugas layanan publik lainnya dan kelompok usia di atas 60 tahun, tahap ketiga untuk masyarakat yang rentan dari aspek geospasial, sosial dan ekonomi, serta tahap keempat untuk masyarakat dan pelaku ekonomi dengan pendekatan klaster sesuai ketersediaan vaksin.

“BPJS Kesehatan telah kami anggap sebagai bagian dari perangkat daerah pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, untuk itu dalam pelaksanaan vaksinasi tahap pertama ini kami turut mengajak perwakilan dari BPJS Kesehatan untuk ambil bagian sebagai penerima vaksinasi, dan pemerintah daerah memiliki wewenang untuk melakukan penunjukan calon penerima vaksin,” sebut Andi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: