Menyimak Persiapan Pelaksanaan Upacara Bersejarah HUT Ke-79 RI di IKN

Jumat 19-07-2024,12:24 WIB
Reporter : Risza S Bassar
Editor : Risza S Bassar

Pemerintah akan mengatur mekanisme dan teknis tamu undangan VIP agar bisa mengikuti upacara dengan lancar.

BACA JUGA:Telkomsel Ventures Pimpin Pendanaan Startup Tictag, Akselerasikan Pertumbuhan Ekosistem Digital dan Teknologi

BACA JUGA:Megawati Pengawal Konstitusi: Perjuangan seorang Ibu yang Tak Kunjung Usai

Adapun Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni menyampaikan sebanyak seribu orang yang merepresentasikan warga dan elemen tokoh masyarakat Kalimantan Timur juga akan mendapatkan undangan khusus untuk mengikuti upacara di IKN.

Hingga saat ini Pemprov Kaltim terus berupaya mempersiapkan kesuksesan penyelenggaraan detik- detik proklamasi untuk pertama kali di luar Jakarta itu.

Guna memeriahkan dan menyemarakkan peringatan proklamasi kemerdekaan RI, umbul-umbul dan baliho dipersiapkan di sepanjang jalan sebagai penyambutan bendera pusaka di Bandara Sepinggan sampai Sepaku mulai awal Agustus.

Sedangkan untuk pemantapan pelaksanaan hingga pengamanan di hari H upacara detik-detik proklamasi, pihaknya terus dilakukan rapat lanjutan dengan Kodam VI Mulawarman, Polda Kaltim dan Sekretariat Presiden atau Kementerian Sekretariat Negara.

BACA JUGA:Kejati Jambi Gelar Bakti Sosial dalam Rangka HBA Ke-64 Tahun 2024

BACA JUGA:Antusias Warga Bertemu H Abdul Rahman untuk Dukung jadi Pilwako Jambi 2024

Sementara dari sisi kesiapan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyatakan sebanyak 76 calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional tengah menjalani pemusatan pelatihan di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Depok, Jawa Barat, 12 Juli hingga 10 Agustus 2024.

Para calon Paskibraka akan belajar dan mempraktikkan Pancasila, di antaranya keberagaman Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, belajar mempersiapkan diri untuk melaksanakan tugas merawat dan menjaga konsensus ber-Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, menjaga NKRI, dan ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Menurut informasi BPIP, pengukuhan Paskibraka akan dilakukan Presiden Joko Widodo di Jakarta sebelum bertolak ke IKN.

Biasanya pengukuhan dilaksanakan 15 Agustus atau dua hari menjelang upacara. Namun BPIP mempertimbangkan agar pengukuhan dapat dilakukan lebih awal untuk memudahkan mobilisasi Paskibraka ke IKN.

BACA JUGA:20 Orang Pengurus PKK Diperiksa di Mapolres Tebo, Terkait Dugaan Korupsi Dana Hibah

BACA JUGA:Terungkap, 4 ASN di Tanjab Barat Diduga Terafiliasi dengan Jaringan Teroris NII, Satu Orang Perempuan

Perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI tahun ini, akan menjadi perayaan yang sangat bersejarah. Seluruh elemen bangsa harus ikut mendukung kesuksesan penyelenggaraan upacara kemerdekaan di IKN yang membawa semangat dan cita-cita bangsa dalam mewujudkan Indonesia Maju. *

Kategori :