Menyimak Persiapan Pelaksanaan Upacara Bersejarah HUT Ke-79 RI di IKN

Jumat 19-07-2024,12:24 WIB
Reporter : Risza S Bassar
Editor : Risza S Bassar

Infrastruktur jalan tol menuju IKN, kata Basuki, sementara hanya terbangun hingga Pulau Balang. Pembangunan tol hingga ke IKN, sebelumnya sempat terkendala pembebasan lahan.

BACA JUGA:Pj Bupati Muaro Jambi Raden Najmi Tandatangani NPHD Kepada Kodim 0415/Jambi Untuk Pengamanan Pilkada 2024

BACA JUGA:Hj Mursida, si Camat Hitam Putih, Ajak Warga Pasir Putih Dukung H Abdul Rahman

Sementara pembangunan bandara di IKN, dengan landasan sepanjang 2.200 meter diupayakan dapat segera selesai dan bisa digunakan saat 17 Agustus 2024.

Adapun untuk mempersiapkan pelaksanaan upacara 17 Agustus di IKN, Basuki selaku Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN akan menghentikan sementara kegiatan pembangunan luar ruang di IKN mulai tanggal 10 Agustus 2024.

Ini dilakukan, guna membersihkan jalan dan memastikan mobilisasi kendaraan yang membawa keperluan upacara dapat berjalan lancar.

Secara umum Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) mengungkapkan Istana Negara di Nusantara, Kalimantan Timur, dapat fungsional pada akhir Juli 2024.

BACA JUGA:Honda EM1 e: dan Deretan Motor Berteknologi Tinggi Hadir di GIIAS 2024

BACA JUGA:Peringati HLUN Ke-28 Tingkat Kota Jambi, Ini Pesan Sekda A Ridwan

"Kita bisa melihat bahwa Istana Negara nanti akhir Juli akan fungsional," ujar Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Imam Santoso Ernawi.

Imam mengatakan sebagian besar ruangan di Istana Negara, terutama ruang-ruang utamanya dapat fungsional pada akhir bulan ini.

Sedangkan untuk lapangan upacara menurutnya, sudah berfungsi 100 persen dan siap digunakan untuk Upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN. Lapangan tersebut memiliki kapasitas besar yang dapat menampung 8.000 orang.

Perayaan bersejarah

Perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI tahun ini akan menjadi perayaan bersejarah karena dilaksanakan di dua lokasi secara tingkat nasional.

BACA JUGA:Tragis! Napi Pembunuh Pelajar Ditemukan Tewas di Lapas, Begini Kondisinya

BACA JUGA:Simak, Ini Pembatasan Mobilisasi Angkutan Barang Via Jembatan Aurduri 1 Jambi

Kategori :