Menyimak Persiapan Pelaksanaan Upacara Bersejarah HUT Ke-79 RI di IKN

Jumat 19-07-2024,12:24 WIB
Reporter : Risza S Bassar
Editor : Risza S Bassar

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan acara menyambut HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia mulai 10 Agustus mendatang dengan menghadirkan beragam kegiatan.

"Mulai tanggal 10 Agustus dan seterusnya pemda akan memfasilitasi semua yang dibutuhkan pada acara 17 Agustus," kata Heru Budi Hartono.

 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen memberikan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan kegiatan upacara 17 Agustus.

Sebagai panitia, pihaknya menyatakan perayaan bahwa 17 Agustus di dua titik, yakni Istana Presiden di DKI Jakarta dan Istana Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah dipersiapkan.

BACA JUGA:Jangan Sampai Kehabisan! Tiket Grand Final Proliga 2024 Bisa Dibeli Lewat Aplikasi PLN Mobile

BACA JUGA:Usulan Demokrat, Ini Pengganti Syamsu Rizal alias Iday Sebagai Wakil Ketua DPRD Tebo

Nantinya tata upacara militer (TUM) akan dilaksanakan di IKN dengan perkiraan pasukan mencapai 5 ribu hingga 10 ribu orang.

Heru mengatakan perayaan HUT ke-79 RI yang akan diselenggarakan di IKN akan menjadi momentum bersejarah, karena pada saat itu status ibu kota negara akan resmi pindah ke IKN, sedangkan status DKI Jakarta akan berganti menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

Nantinya ada seremonial khusus untuk meresmikan perubahan status Jakarta dan IKN seperti melepas bendera dan duplikat teks proklamasi dari Monas ke Istana di Jakarta. Kemudian dari Istana di Jakarta menuju ke Istana IKN.

Heru yang juga menjabat sebagai Kepala Sekretariat Kepresidenan itu menambahkan bahwa pada perayaan HUT Ke-79 RI di IKN akan ada beberapa kegiatan yang berlangsung dari 1 Agustus hingga puncaknya pada 17 Agustus 2024.

BACA JUGA:Finalisasi Pengembangan KUB Bank Jambi dan Bank bjb Langsung Diteken Gubernur Jambi

BACA JUGA:Bupati M. Fadhil Sambut Kepulangan 174 Jemaah Haji Asal Batanghari

Lalu, pada 18 Agustus 2024 Presiden Jokowi juga direncanakan meresmikan Masjid IKN dan itu semua merupakan awal kegiatan pemerintahan di IKN.

Teknis lebih detail terkait rangkaian kegiatan menyangkut perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI akan disampaikan pemerintah dalam waktu dekat.

Undangan dan Paskibraka

Presiden Joko Widodo dalam wawancaranya kepada media pertengahan Juni lalu pernah menyampaikan bahwa para Presiden RI sebelumnya dan duta besar negara-negara sahabat akan diundang untuk menghadiri Upacara HUT Ke-79 RI di IKN.

Kategori :