Hanya Belasan Penuhi Syarat Jadi Desa Binaan

Hanya Belasan Penuhi Syarat Jadi Desa Binaan

 

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, MUAROJAMBI – Dinas PMD Muarojambi sudah melakukan penilaian dan meninjau langsung puluhan desa yang mengajukan diri sebagai Desa Binaan Terpadu. Namun, hanya separuhnya saja memenuhi syarat sebagai Desa Terpadu.

Kepala Dinas PMD Muaro Jambi, Raden Najmi, mengatakan, untuk menjadi Desa Binaan Terpadu, pemerintah desa harus mempersiapkan syarat-syarat. Diantaranya kelengkapan administrasi desa, disiplin aparatur desa dan layanan terhadap masyarakat harus lebih maksimal. 

"Kemarin saya bersama staf sudah mengecek langsung ke desa-desa di Jaluko yang mengajukan menjadi desa binaan terpadu tahun 2022. Dari tinjauan kami dilapangan memang sebagian desa sudah siap untuk menjadi Desa Binaan Terpadu," jelasnya. 

Setelah meninjau langsung desa yang mengajukan menjadi Desa Binaan, tahap selanjutnya adalah penetapan. "Jadi mereka tinggal tunggu surat keputusan. Sebelum SK kita buat, kita pertimbangkan sekali lagi dan tentunya harus mendapat persetujuan juga dari pemerintah daerah," tegasnya. 

Tahun ini sebanyak 30 desa yang menajukan Desa Binaan Terpadu tahun 2022. Dari jumlah itu, hanya 15 desa memenuhi syarat. "Ada 30 desa lebih yang ingin jadi desa binaan, tapi tidak semuanya kita setujui, karena tidak memenuhi syarat. Keseluruhan baru 15 desa disetujui dan tinggal menunggu SK," terangnya. 

Untuk menjadi Desa Binaan, SDM aparatur desa harus siap. Animo untuk meningkatkan pelayanan harus ditumbuhkan serta Administrasi Desa nya jarus tertib.

"Dengan jadi Desa Binaan Terpadu, layanan harus maksimal, tidak boleh lagi layanan di rumah, semua harus dilayani di kantor desa," pungkasnya.

Sekretaris Desa Senaung, Ramadhan, mengatakan, belum lama ini Kepala Dinas PMD Kabupaten Muaro Jambi dan jajarannya telah meninjau langsung kesiapan Desa Senaung menjadi desa binaan. 

"Kami mengajukan Desa Senaung untuk menjadi Desa Binaan, semua persyaratan menjadi desa binaan kami persiapkan sejak awal. Dan kemarin pak Kadis PMD dan jajarannya telah meninjau desa kami. Mereka melihat administrasi desa dan menanyakan disiplin aparatur desa,” kata Sekdes.

Tahun depan Pemerintahan Desa Senaung berencana akan memperbaiki ruang pelayanan, dengan harapan agar terciptanya layanan yang baik dan  memuaskan bagi masyarakat. "Supaya pelayanan terhadap masyarakat menjadi baik, maka sarana prasarananya juga harus mendukung. Insyaallah tahun depan akan kami perbaiki ruang pelanayan ini, agar lebir representatif dan lebih nyaman," tandasnya. (jun/ira)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: