Lakukan Ujian Sertifikasi Mandiri, Sebagai Bukti Kemampuan Siswa

Lakukan Ujian Sertifikasi Mandiri, Sebagai Bukti Kemampuan Siswa

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Ujian sertifikasi harus diikuti siswa-siswi yang menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan. Ini bertujuan agar siswa tersebut dapat membuktikan kemampuannya.

Namun, tak semua sekolah kejuruan di Kota Jambi dapat melaksanakan ujian sertifikasi sendiri. Hanya ada beberapa saja, yang bisa melaksanakan ujian di sekolah. Salah satunya, di SMKN 4 Kota Jambi.

Di sekolah tersebut, bisa melaksanakan ujian kompetensi untuk sertifikasi siswa. Waka Kesiswaan SMKN 4 Kota Jambi, Sulbani mengatakan, sejak dua tahun terakhir pihaknya sudah melaksanakan ujian sendiri.

Para pengujinya pun, kata dia guru produktif di sekolahnya yang sudah berlisensi dari pusat dan diperbolehkan untuk menguji.

“Dari total 35 guru produktif, ada 13 orang yang berlisensi. Jadi kita tidak perlu mengirim siswa untuk ujian di pusat lagi,” kata Sulbani.

Dirinya mengatakan, ujian ini diharapkan tidak hanya formalitas saja. Melainkan, memang dapat digunakan nantinya untuk implementasi para siswa di dunia kerja.

“Jadi bukan hanya bukti di atas kertas, namun lebih dari itu, kita inginkan agar siswa bisa mempraktekkan apa yang sudah dipelajarinya,” ujarnya.

Adapun kelayakan dari tempat ujian ini, kata dia sekolah diharuskan memiliki ruangan ujian yang memadai, beserta dengan fasilitasnya. Siswa mulai mengikuti ujian praktek ini kata dia sejak kelas 11 dan secara bertahap.

Masing-masing jurusan memiliki mata uji yang berbeda, dan diuji oleh guru produktif masing-masing jurusan.(tav/zen)

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: