Damkar Sambangi Lapas Muara Bungo ada apa?

Damkar Sambangi Lapas Muara Bungo ada apa?

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, Muara Bungo - Menindak lanjuti tragedi musibah yang ada terjadi di Lapas Kelas I Tangerang, Lapas Kelas IIB Muara Bungo menggandeng Pemadam Kebakaran Kabupaten Bungo untuk melaksanakan simulasi pemadaman kebakaran pada Kamis (16/9/2021).

Latihan yang berlangsung di halaman depan Lapas Kelas IIB Muara Bungo merupakan teknik dalam melakukan tindakan pertama dalam menanggulangi kebakaran.

Materi yang diajarkan seperti penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang baik dan benar, memadamkan api menggunakan alat tradisional seperti karung goni basah, mematikan regulator yang terbakar dan sikap yang tepat dalam penanganan kebakaran.

Kalapas Kelas IIB Muara Bungo Ridha Ansari Saat dimintai keterangan,oleh Jambi independent diruangannya mengatakan kegiatan simulasi yang dilaksanakan merupakan kegiatan preventif dengan tujuan untuk mencegah dan menanggulangi jika terjadi kebakaran.

“Kami harap kegiatan simulasi ini memiliki manfaat yang banyak. Salah satunya yaitu sebagai tindakan preventif dan pencegahan agar tidak terjadi kebakaran. Namun jika nantinya terjadi hal yang tidak diinginkan, petugas sudah siap dalam menghadapinya.” Ujar Ridha Ansari.

Beliau juga menerangkan fasilitas alat pemadam kebakaran yang ada di Lapas. Menurut beliau, disetiap pos blok, pos atas, ruang kerja, dapur umum, polikliniki, bengkel kerja dan P2U sudah dilengkapi dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

“Sudah kami lengkapi dengan fasilitas APAR di beberapa tempat seperti ruang kerja, pos blok dan pos atas, dapur umum, poliklinik, bengkel kerja dan ruang kerja. Tak lupa P2U juga kami lengkapi dengan alat pemadam api.” Tambah Beliau.

Saat ditanya perihal sinergitas, Kalapas Kelas IIB Muara Bungo mengatakan, pelatihan ini merupakan bentuk dari sinergitas antara pihak Lapas Bungo dengan Pihak Penanggulangan Bencana dalam hal ini Pemadam Kebakaran. (Mai)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: