Gusi Bengkak? Begini Cara Mengatasi dan Mencegah Gusi Bengkak

Gusi Bengkak? Begini Cara Mengatasi dan Mencegah Gusi Bengkak

Ilustrasi gusi bengkak --

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - gusi bengkak sering dialami ketika selesai makan atau bangun tidur. Penyebabnya tidak disengaja membuat gusi bengkak karena gigi yang tidak sengaja melukai area sensitif gusi. Penyebab lain juga seperti Infeksi bakteri, virus, atau jamur dapat menyebabkan gusi bengkak. Untuk mengatasi gusi yang bengkak, dapat melakukan cara seperti berikut: 

1. Mengompres menggunakan kompres dengan air dingin untuk mengurangi pembengkakan pada gusi dan juga mengurangi rasa nyeri. Caranya membungkus dengan handuk atau kain bersih di atas sekantong es, berikan di area wajah yang bengkak pada gusi selama 5 menit. 

2. Berkumur menggunakan air garam merupakan cara untuk mengatasi bengkak pada gusi. Caranya campurkan satu sendok garam ke wadah segelas air, lalu aduk hingga garam terlarut. Mulai Kumur campuran tersebut di dalam mulut agar dapat mengenai gusi yang bengkak lalu buang ke wastafel. 

3. Berkumur memakai udara antiseptik. Cara ini menggunakan obat kumur yang sudah direkomendasikan oleh dokter gigi. 

BACA JUGA: Tumpah Ruah Di Tugu Keris Siginjai, Carnaval Angso Duo Sedot Ribuan Pengunjug

BACA JUGA: Ketua DPRD Hafiz Berikan Ucapan Selamat Atas Pelantikan Prabowo-Gibran

4. Menyikat gigi dengan perlahan yaitu dengan cara membersihkan bekas makanan yang tertinggal pada gigi Agara kuman tidak menempel pada gusi dan mengurangi pembengkakkan lama. Menyikat gigi yang memiliki bulu sikat yang lembut akan mempermudah membersihkan gigi dari area gusi.

5. Menghindari makanan pedas dan asam adalah cara efektif mengatasi gusi bengkak. Memilih makanan yang lembut dan mudah dikunyah dan sehat dapat mempercepat proses kempesnya pembengkakkan gusi. Selain cara mengatasi gusi bengkak, cara mencegah gusi bengkak juga dapat dilakukan dengan beberapa hal, seperti: 

1. Membersihkan sisi sisi gigi dengan berkumur atau menggosok gigi yang benar secara rutin. 

2. Mengurangi minuman dan makanan yang manis-manis. Karena mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pemanis dapat merusak gigi dan area gigi.

BACA JUGA: Dampak Psikologis dari Penolakan Cinta: Berikut Penelitiannya

BACA JUGA: Upaya Konkret Menkominfo dalam Pemberantasan Judi Online: Langkah Strategis dan Berkelanjutan

3. Memperbanyak minum air putih merupakan cara efektif untuk menetralkan Kesehatan gigi.

4. Mengonsumsi makanan bergizi yang seimbang dapat membantu mencegah gusi bengkak, terutama makanan yang mengandung kalsium dan vitamin CI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: