Ornamen Lilin Super Besar di Klenteng Cheng Hua Keng, Ternyata Ini Maknanya

Ornamen Lilin Super Besar di Klenteng Cheng Hua Keng, Ternyata Ini Maknanya

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI ,JAMBI - Suasana menjelang hari raya Imlek tahun 2022 di Klenteng Cheng Hua Keng, kawasan Jelutung mulai terasa. Tak hanya sekadar perayaan biasa, namun di tahun in cukup semarak. Ini terlihat dari banyaknya ornamen-ornamen khas Imlek yang ada di dalam klenteng.

Ada banyak ornament penghias klenteng tersebut. Namun, satu yang menarik perhatian, yakni lilin super besar yang ada di dalam klenteng. Ukuran lilin ini memang tak wajar, tingginya mencapai hampir 2 meter dan berat hampir 300 kilogram, serta dihiasi gambar dan tulisan di sekelilingnya.

Baca Juga: Gambar Angpao Harus Sesuai Shio

"Kalau di klenteng sini, ini yang paling besar. Memang beratnya hampir 300 kilogram, dan tingginya hampir 2 meter," kata Pengurus Klenteng Cheng Hua Keng, Kok San pada Jumat, (21/1).

Tidak hanya ukuran dan beratnya saja yang fantastis, harganya juga tak kalah fantastis. Satu lilin yang besar ini, dihargai sampai Rp23 juta. Untuk ukuran yang lainnya, dihargai mulai dari Rp760 ribu.

Bukan hanya soal perbedaan ukuran saja. Namun, ukuran lilin berkaitan dengan pemaknaan soal rezeki. Semakin besar lilin, diharapkan dapat meraih rezeki yang besar pula. Namun Kok San mengatakan, bukan berarti hal ini dapat dipaksakan. Tetap disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

"Maknanya, semakin besar lilin maka diharapkan rezeki yang didapat pada tahun ini juga akan semakin besar, namun jangan dipaksakan, sesuai dengan kemampuan saja," ujar Kok San.
Lilin super besar ini, kata Kok San didatangkan umat dari luar daerah. Sementara, untuk lilin yang ukurannya lebih kecil dibuat sendiri oleh Kok San.

"Syukur lebih meningkat dari tahun sebelumnya, kalau yang kecil kita masih bisa bikin, namun yang besar tidak ada modalnya," ujarnya sembari tertawa.

Lilin ini, paling lama dapat bertahan selama satu tahun dan paling cepat bertahan selama 9 bulan. (dra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: