Lihat Gaya Kim Joung UN Jadi Aktor Utama Video Peluncuran Rudal Hwasong-17

Lihat Gaya Kim Joung UN Jadi Aktor Utama Video Peluncuran Rudal Hwasong-17

KCNA menyebut rudal itu diluncurkan di Bandara Internasional Pyongyang. Tujuan diluncurkannya rudal ini adalah untuk menangkal imperialisme Amerika Serikat (AS).

Rudal tersebut dapat melakukan perjalanan hingga ketinggian maksimum 6.248.5 km. Selain itu, rudal juga memiliki kemampuan terbang sejauh 1.090 km selama 4.052 detik sebelum secara akurat mengenai sasaran area yang telah ditentukan.

Target uji coba misil itu adalah di perairan terbuka di laut Jepang. Selain mempublikasikan video, pemerintah Korea Utara juga memamerkan sejumlah foto-foto peluncuran.

"Ini akan akan menjalankan misi dan tugas sebagai pencegah perang nuklir yang kuat. Kita juga ingin tunjukkan kepada dunia kemampuan militer DPRK (nama Korea Utara, Red). Kemunculan senjata strategis baru akan membuat seluruh dunia dengan jelas sadar akan kekuatan angkatan bersenjata strategis kita," tegas Kim Jong Un seperti yang dilaporkan KCNA.

Dengan kemampuan militer dan teknis yang kuat, Kim Jong Un memastian negaranya tidak akan goyah oleh ancaman militer nagara lain.

Bahkan,Kim Jong Un menyatakan Korea Utara siap berkonfrontasi jangka panjang dengan Amerika Serikat (AS).

Peluncuran rudal balistik ini merupakan yang kesekian kalinya dari banyak uji coba senjata Korea Utara sepanjang tahun ini. 

Rudal Hwasong-17 disebut sebagai rudal paling kuat yang pernah diluncurkan Korea Utara sejak 2017 silam. 

Rudal tersebut diprediksi memiliki jangkauan yang lebih tinggi dan lebih jauh dibandingkan ICBM sebelumnya.

Uji coba ini membuat Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang dan Sekjen PBB Antonio Guterres geram. Peluncuran rudal itu dinailai sebagai pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB.

Jepang memprotes keras uji coba rudal itu. Sebab, proyektilnya jatuh ke wilayah perairannya. Otoritas Jepang menilai misil tersebut mengancam perdamaian dan keamanan di kawasan.(*)

Artikel ini telah tayang di fin.co.id, dengan judul Begini Gaya Kim Jong Un Jadi Aktor Utama di Video Klip Peluncuran Rudal Hwasong-17

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: