Strategi Kendalikan Inflasi, Pemkot Jambi Jalin Kesepakatan Bersama Pemkab Magelang

Strategi Kendalikan Inflasi, Pemkot Jambi Jalin Kesepakatan Bersama Pemkab Magelang

Pemkot Jambi Jalin Kesepakatan Bersama Pemkab Magelang--

Magelang - JAMBI.INDEPENDENT.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama dengan Pemerintah Kabupaten Magelang tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah, pada Senin 21 Oktober 2024.

Penandatangan Kesepakatan Bersama yang dilaksanakan langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih dengan Penjabat (Pj) Bupati Magelang Sepyo Achanto itu berlangsung di Pendopo Drh. Soepardi Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. 

Dikutip dalam naskah Kesepakatan Bersama itu, Pemkot Jambi dengan Pemkab Magelang melakukan kesepakatan guna meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi para pihak sesuai kewenangan dalam rangka mewujudkan efesiensi, efektivitas dan sinergitas penyelenggaraan urusan Pemerintahan di Daerah. Sementara untuk ruang lingkup disepakati keduabelah pihak meliputi seluruh urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan para pihak sesuai Peraturan Perundang-undangan.

Seusai melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama, Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih mengatakan, kunjungannya itu merupakan tindaklanjut dari arahan Pemerintah Pusat dalam rangka penanganan inflasi daerah. 

BACA JUGA:Pebalap Binaan Astra Honda Siap Kibarkan Merah Putih di IATC Buriram, Thailand

BACA JUGA:Hadiri Acara Syukuran, Jumiwan Aguza dan Maidani Minta Mutia Sari Selalu Jaga Amanah Masyarakat

"Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri sangat mendorong peningkatan Kerja Sama antar Daerah (KAD) khususnya dengan daerah-daerah penghasil," ujarnya.

Sri menambahkan, sebagai daerah bukan penghasil komoditi, kota Jambi sangat membutuhkan sumber-sumber dari daerah penghasil untuk mencukupi kebutuhan pasar. 

"Kota Jambi, sebagaimana layaknya kawasan perkotaan yang roda perekonomiannya sangat mengandalkan sektor perdagangan dan jasa, bukanlah daerah penghasil. Oleh karenanya kami perlu menjalin Kerja Sama dengan beberapa daerah penghasil salah satunya Kabupaten Magelang ini," tambahnya.

"Oleh karena itu, atas Kesepatan Bersama yang dilakukan bersama Pemkab Magelang ini, selanjutnya kita telah siapkan Kerja Sama yang lebih teknis, yang akan dijalin antar Perangkat Daerah, yang saat ini sedang difinalkan," sambungnya. 

BACA JUGA:Ini Dia 2 Personel Terbaik Polri yang Ditunjuk Prabowo Masuk Kabinet Merah Putih

BACA JUGA:Maulana-Diza: Mewujudkan Kesejahteraan Melalui Program 'Kampung Bahagia

Sri berharap Kesepakatan Bersama antara Pemkot Jambi dan Pemkab Magelang akan memberikan manfaat bagi keduabelah pihak sebagai penyelenggara pemerintahan dan juga masyarakat di daerah. 

"Ada proses transfer knowledge, saling berbagi dan saling isi satu sama lain termasuk dalam upaya penyediaan komoditas-komoditas tertentu sesuai dengan keunggulan comparative masing-masing daerah. Proses pertukaran ini tentunya akan menjadi win-win solution serta memberi kebermanfaatan bagi kedua daerah, baik itu dalam pemenuhan kebutuhan dari sisi permintaan ataupun pangsa pasar bagi daerah penghasil atau produsen," tukas Sri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: