Pj Wali Kota Jambi Buka Pelatihan Penyusunan Perencanaan Dilingkungan Pemerintah Kota Jambi Tahun 2024

Pj Wali Kota Jambi Buka Pelatihan Penyusunan Perencanaan Dilingkungan Pemerintah Kota Jambi Tahun 2024

Pj Wali Kota Jambi Buka Pelatihan Penyusunan Perencanaan--

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Penyusunan dan perencanaan merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembangunan daerah. Oleh karenanya penyusunan dan perencanaan pembangunan yang baik memerlukan strategi yang matang dan terarah agar tujuan pembangunan yang diinginkan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Hal itu mengemuka saat Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih membuka Pelatihan Penyusunan Perencanaan dilingkungan Pemerintah Kota Jambi Tahun 2024.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Diklat Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Jambi, pada Senin pagi 14 Oktober 2024 itu turut dihadiri Kepala BKPSDMD Kota Jambi Liana Andriani, Kepala BAPPEDA Suhendri, perwakilan Perangkat Daerah, para Pejabat Fungsional Perencana/Kasubbag Perencana lingkup Pemkot Jambi serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Sri Purwaningsih menyebut, para peserta pelatihan itu akan dibawa untuk lebih mengenal lebih dalam akan tahapan perencanaan yang telah terstruktur dan sistematis. 

"Ini sangat penting bagi peningkatan kompetensi para Pejabat Fungsional Perencana maupun Kasubbag Perencana, karena ditahun depan akan memasuki masa transisi mengikuti pemerintahan yang baru, dimana diperlukan kesigapan bagi pejabat perencana dilingkup Pemkot Jambi," sebut Sri.

BACA JUGA:Buka Forum Pokja Bangga Kencana, Pj Wali Kota Jambi Harap Menjadi Produk Unggulan Implementasi GDPK

 BACA JUGA:Jangan Lewatkan, Basah Music Fest 2024, Konser Spektakuler di Jambi, Siap Mengguncang Kota!

Sri mengatakan, pelatihan teknis itu juga diharapkan sebagai sarana dan prasarana para perencana menambah ilmu pengetahuan, dan keterampilan. 

Sri juga mengapresiasi diselenggarakannya pelatihan itu, sebagai salah satu upaya Pemkot Jambi untuk meningkatkan kompetensi para pegawai, melalui diklat teknis yang menjadi salah satu jalan meningkatkan pelayanan dan profesionalisme para Pegawai Negeri Sipil sesuai amanat Per-Undang-undang tentang Aparatur Sipil Negara. 

"Kebutuhan pelatihan seperti ini menunjukkan perhatian dan kebutuhan yang meningkat dari aparat untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas dalam menghadapi tuntutan tugas dan kompetisi dimasa mendatang," tuturnya. 

"Saya berharap para peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dengan baik, dan sampaikan pertanyaan-pertanyaan sehingga dapat bertukar pikiran bersama para Narasumber," tukas Sri Purwaningsih. 

BACA JUGA:MKKS SMK Kota Jambi kunjungi keluarga Korban Bencana

Sementara itu, dalam laporan pelaksanaan Kepala BKPSDMD Kota Jambi, Liana Andriani menyampaikan, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama enam hari kerja atau setara dengan 60 jam pertemuan.

"Dengan jumlah peserta empat puluh orang terdiri dari Pejabat Fungsional Perencana atau Kasubbag Perencana pada Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Jambi," ucapnya. 

Adapun tujuan pelatihan ini, jelas Liana, guna memberikan pengetahuan kepada peserta tentang kerangka umum perencanaan, pengendalian, dan evaluasi rencana pembangunan daerah, tahapan dan tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi rencana pembangunan daerah. 

"Selanjutnya, untuk tahapan dan tata cara perencanaan, pengendalian, dan evaluasi RENSTRA dan RENJA perangkat daerah, Perumusan program dan kegiatan serta indikator kinerja RENSTRA dan RENJA perangkat daerah, serta penerapan kerangka pengeluaran jangka menengah dalam penyusunan RENSTRA perangkat daerah," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: