Buka Talk Show Pemuda, Sekda : ‘Keterlibatan Pemuda Mengakselerasi Kota Tangguh, Inklusif dan Berkelanjutan’

Buka Talk Show Pemuda, Sekda : ‘Keterlibatan Pemuda Mengakselerasi Kota Tangguh, Inklusif dan Berkelanjutan’

Buka Talk Show Pemuda, Sekda : ‘Keterlibatan Pemuda Mengakselerasi Kota Tangguh, Inklusif dan Berkelanjutan’--

Jambi, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sekretaris Daerah (Sekda) A Ridwan membuka kegiatan Penanaman Pohon dan Talkshow Pemuda Pada Acara Hari Habitat Dunia-Hari Kota Dunia (HHD-HKD) Tahun 2024 yang diselenggarakan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jambi, Rabu 9 Oktober 2024 pagi. 

Dilaksanakan di Rumah Pompa IPAL Kota Jambi, Kelurahan Rajawali, Kecamatan Jambi Timur. Kegiatan itu dihadiri Kepala BPPW Jambi Dibyo Saputro, Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Obliyani, Kepala BAPPEDA Suhendri, Kepala DLH Ardi, Dirut Perumdam Tirta Mayang Dwike, Camat Jambi Timur A Syukri Ahkam, serta mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Sekda A Ridwan menyebut, Hari Habitat Dunia merupakan momen penting yang bertujuan untuk merefleksikan kondisi manusia, dan menegaskan kembali hak dasar setiap orang atas tempat tinggal yang layak. 

"Peringatan Hari Habitat Sedunia ini memiliki sejarah panjang yang diawali sejak pertengahan tahun 1980-an, hingga akhirnya pada tahun 1985 Majelis Umum PBB menetapkan Senin pertama bulan oktober setiap tahunnya sebagai Hari Habitat Dunia. Pada Tahun 2024 ini jatuh pada tanggal 7 Oktober 2024," sebut Sekda. 

BACA JUGA:Usai Diperiksa di Polda Jambi, 2 Tersangka Video Mesum 'Enak Yank' Langsung Ditahan

BACA JUGA:4 Produk Pakaian Muslim dari KATSAE, Nyaman dan Juga Stylish!

Dirinya menjelaskan, telah banyak tema yang diangkat guna mendorong diskusi tentang bagaimana kota-kota dapat menjadi tempat yang layak huni, inklusif dan berkelanjutan bagi semua orang yang mencerminkan perhatian terhadap isu-isu yang dihadapi kota-kota dan masyarakat di seluruh dunia.

"Sebagaimana tema peringatan Hari Habitat Sedunia tahun ini adalah "Engaging Youth to Create a Better Urban Future atau melibatkan kaum muda untuk menciptakan masa depan perkotaan yang lebih baik". Yang pada hakikatnya tema ini merupakan panggilan global untuk tindakan kolektif dalam menghadapi tantangan urbanisasi yang cepat. Dengan harapan keterlibatan kaum muda dalam proses perencanaan dan pembangunan kota dapat memberikan akselerasi guna pembangunan kota yang lebih Tangguh, Inklusif dan Berkelanjutan," jelasnya.

Lebih lanjut, Sekda menekankan, upaya dalam mewujudkan permukiman dan perkotaan yang layak huni merupakan tangungjawab bersama. 

"Tata kelola kolaboratif dalam berbagai penyediaan infrastruktur, harus dibarengi juga dengan kepastian keberlanjutan dalam pemanfaatannya. Sehingga, infrastruktur perkotaan yang telah dibangun akan memberikan manfaat dalam jangka panjang serta berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat," terang Sekda. 

BACA JUGA:Hadiri Deklarasi Kampanye Damai, Hafiz Ajak Masyarakat Saling Menjaga Sikap

BACA JUGA:Sopir Ngantuk, Avanza Merah Tabrak Rumah Warga di Muaro Jambi, Sopir Dibawa ke Rumah Sakit

"Salah satu upaya Pemerintah menjaga konsistensi tujuan besar itu, dilakukan dengan menetapkan indikator-indikator yang harus dicapai oleh Kepala Daerah dalam menjalankan roda pemerintahan. Baik melalui tujuan pembangunan berkelanjutan, maupun penetapan indikator dan target-targetnya dalam penyusunan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Jambi Tahun 2025-2045," lanjutnya. 

Sekda A Ridwan juga mengatakan, dengan pembangunan yang dilaksanakan diperkotaan akan menyebabkan berbagai resiko, maka dengan itu tugas Pemerintah bersama stakeholder terkait untuk meminimalisir dampak sekecil mungkin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: