Melalui Program Canting Emas, Pengrajin Batik Binaan SKK Migas PetroChina Meriahkan Acara Tanjab Barat

Melalui Program Canting Emas, Pengrajin Batik Binaan SKK Migas PetroChina Meriahkan Acara Tanjab Barat

Pengrajin Batik Binaan SKK Migas PetroChina Meriahkan Acara Tanjab Barat Berbatik--

TANJAB BARAT, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID  - Meriahkan Hari Jadi Tanjung Jabung Barat ke-59 dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 malam bertajuk TANJAB BARAT Berbatik, parade batik di Alun-alun kota Kuala Tungkal dipamerkan, batik - batik hasil karya pengrajin batik daerah TANJAB BARAT binaan SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd. Jumat malam 09 Agustus 2024.

Hadir pada acara Bupati Tanjung Jabung Barat Drs H. Anwar Sadat M. Ag beserta istri, Rudy Hermawan, Field Manager PetroChina Jabung. Rina Putri CSR Jakarta. Lasno, Government Relation Superintendent. Agung Bratanata, Field Admin Superintendent. Ahmad Ramadlan CSR & Comdev Supervisor. PJ Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat H. Dahlan S. Sos MSI beserta istri, komandan Kodim 0419 Tanjung Jabung beserta istri, Kapolres Tanjung Jabung Barat beserta istri, pimpinan kepala opd dalam lingkup Kabupaten Tanjung Jabung Barat beserta istri dan tamu undangan yang hadir di acara.

Bupati Tanjab Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag, dalam sambutannya menyampaikan kekagumannya terhadap perkembangan batik di Tanjab Barat “Corak dan Motif batik kita sudah sangat maju dan bervariasi,” ujarnya.

Bupati memberikan apresiasi kepada Dewan Kerajinan Daerah Tanjab Barat dan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd yang terus mendukung dan mendorong para perajin batik Tanjab Barat dengan menggelar pendidikan dan pelatihan melalui Program Canting Emas.

BACA JUGA:Kapolda Jambi Cek Kesiapan Pengamanan Pilkada 2024 di Kabupaten Batanghari

BACA JUGA:Sudah Pakai Skincare, Tapi Wajah Masih Kusam? Ternyata Ini Penyebabnya

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk memajukan industri batik Tanjab Barat agar bisa bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional,” tambah Bupati Anwar Sadat.

Sementara itu Ketua Panitia, Syawal Tanjung, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Tanjab Barat, dalam laporannya menjelaskan tujuan dari kegiatan ini. 

“Tanjab Barat Berbatik bertujuan untuk memotivasi para pengrajin batik Tanjab Barat agar terus berkreasi dan berinovasi, sehingga batik kita semakin maju dan bisa bersaing di pasaran,” terang Syawal Tanjung

Saat ini, terdapat 38 kelompok pengrajin batik aktif di Tanjab Barat, dengan lebih kurang 400 motif batik yang sudah tercipta. Sebanyak 73 motif batik pun telah terdaftar hak cipta. Acara ini juga dimeriahkan oleh kehadiran unsur Forkopimda, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd, Direktur BPJS Kesehatan, para Kepala Cabang perbankan dan undangan lainnya.

BACA JUGA:Di Hari Jadi ke-59, Tanjab Barat Terima CSR Puluhan Milyar dari SKK Migas - PetroChina

BACA JUGA:Bersihkan Ginjal dengan Rutin Konsumsi 8 Jenis Minuman Ini

Tanjung Jabung Barat Berbatik menjadi bukti nyata komitmen kita bersama untuk melestarikan budaya dan warisan bangsa, serta menandai semangat menuju Tanjung Jabung Barat yang berkah. Keindahan dan keunikan batik Tanjab Barat kini siap menyapa dunia.

Dalam sambutannya, Rudy Hermawan, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd, menyampaikan Program-program yang telah diadakan untuk pengembangan batik di Tanjung Jabung Barat mulai dari pelatihan, pendampingan dari tingkat dasar menengah dan terampil, pelatihan pewarnaan dan motif ecoprint, pemberian bantuan peralatan ke beberapa kelompok perajin batik, program magang bagi perajin batik kabupaten Tanjung Jabung Barat di Yogyakarta dan juga pelatihan dan sertifikasi kompetensi bagi perajin batik sehingga total penerima manfaat dari program pengembangan batik yang telah kami adakan adalah 132 orang penerima manfaat perajin batik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: