PLN Dorong Ekosistem Kelistrikan Penuhi Kebutuhan Pelanggan Pengguna EV, SPKLU ke-5 di Provinsi Jambi

PLN Dorong Ekosistem Kelistrikan Penuhi Kebutuhan Pelanggan Pengguna EV, SPKLU ke-5 di Provinsi Jambi

PLN Dorong Ekosistem Kelistrikan penuhi kebutuhan pelanggan pengguna EV--

Jambi, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – PT PLN (Persero) terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dengan meresmikan Stasiun Pengisian kendaraan listrik Umum (SPKLU) ke-5 di Provinsi Jambi. Acara peresmian yang berlangsung di kantor PLN Seberang Kota ini diresmikan oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) bersama Manajemen PLN UP3 Jambi dan Forkopimda Muara Jambi.

Manager UP3 Jambi, Ediwan menjelaskan langkah PLN menginisiasi hadirnya SPKLU merupakan dukungan kepada pemerintah dalam menciptakan ekosistem kendaraan berlistrik, menurutnya perkembangan di Indonesia, kendaraan listrik baik roda 4 dan roda 2 sudah mencapai 50 ribu bahkan di Tahun 2024 diperkirakan perkembangan mobil listrik mencapai 15 ribu unit di Indonesia. Pertumbuhan inilah mendorong PLN membantu kebijakan pemerintah dalam adopsi kendaraan listrik.

"Provinsi Jambi saat ini telah memiliki 5 SPKLU, yaitu: kantor PLN Jambi, Rumah BUMN Kota Jambi, Seberang Kota, Kota Bangko dan Muara Bungo, masyarakat jangan ragu menggunakan kendaraan listrik" ujar Ediwan.

Adhi Herlambang menambahkan bahwa PLN akan terus berupaya menambah jumlah SPKLU di berbagai wilayah di Indonesia untuk mendukung pertumbuhan kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan efisien. Sesuai komitmen PLN Net Zero Emission pada 2030, langkah konkret PLN dalam mendukung energi bersih dengan memulai perkembangan pembangkit ramah lingkungan hingga menciptakan ekosistem kendaraan dengan emisi rendah. Pada semester 1 2024 di Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu, sebanyak 17 SPKLU telah dibangun dan direncanakan akhir tahun mencapai 52 SPKLU terpasang.

BACA JUGA:Bagaimana Air Bersih di IKN? Ini Penjelasan dari OIKN

BACA JUGA:Kapolda Jambi Pimpin Sertijab Karo Ops, Dirintelkam, dan Dua Kapolres di Jajaran Polda Jambi

"Dengan hadirnya SPKLU ke-5 di Provinsi Jambi ini, kami berharap dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses infrastruktur pengisian kendaraan listrik, sehingga dapat mendorong peningkatan jumlah pengguna kendaraan listrik di wilayah ini," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Bupati Muaro Jambi yang diwakili Asisten II Dr. Ahmad Ridwan, SH, MH memberi apresiasi terhadap kesigapan PLN. Ahmad berpesan agar PLN terus mengembangkan pembangunan SPKLU terutama tempat umum dan keramaian.

"Saya bangga hadirnya SPKLU ini menandakan kemajuan ekonomi suatu daerah. Kami berharap semakin banyak kampus-kampus di Jambi yang tertarik konversi motor listrik, semakin banyak infrastruktur kelistrikan umum di pemukiman padat penduduk serta pusat kota" tutup Ahmad

Kini kendaraan listrik mudah digunakan, pengisian energi cukup dengan  pengisian melalui home charging ataupun SPKLU tentunya melalui PLN Mobile. ADV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: